Disaksikan Bobby, 9 OKP Deklarasi Kawal Bangsa dengan Pancasila

Nizar Aldi - detikSumut
Jumat, 29 Jul 2022 22:00 WIB
Pimpinan Sembilan Organisasi Membacakan Deklarasi di Medan (Aldi/detikSumut)
Foto: Pimpinan Sembilan Organisasi Membacakan Deklarasi di Medan (Aldi/detikSumut)
Medan -

Sembilan organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) lintas agama melakukan deklarasi di Medan. Deklarasi itu disaksikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Ada pun 9 OKP yang menyampaikan deklarasi itu adalah GAMKI, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik, GEMABUDHI, PERADAH, GEMAKU, GEMA MA, GPII dan GP Ansor. Para Ketua Umum dari 9 OKP itu hadir dalam acara.

Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas berharap poin deklarasi yang dibacakan oleh 9 organisasi tersebut dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.


"Jadi jangan hanya dideklarasikan saja, tetapi harus ditunjukkan bahwa apa yang dideklarasikan tadi benar benar diwujudkan dalam perilaku sehari-hari dalam berbangsa dan negara," kata Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (29/7/2022).

Acara deklarasi itu mengusung tema Pemuda Negarawan Lintas Agama Menuju Indonesia Emas 2045. Yaqut mengikuti kegiatan tersebut melalui virtual, karena tidak bisa berhadir di Kota Medan.

Setelah melakukan pembacaan Pancasila dan Sumpah Pemuda, terlihat sembilan organisasi tersebut membacakan deklarasinya. Kemudian sembilan organisasi pemuda tersebut melakukan tandatangan deklarasi.

Adapun 5 poin yang dideklarasikan dan ditandatangani tersebut adalah:

Kami pemuda negarawan lintas agama:

1. Memiliki pandangan nasionalis yang sama dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

2. Memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan serta mengamalkan nilai-nilai dan moral pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3. Mengedepankan nilai etik politik kebangsaan dan kenegarawanan yang merupakan ciri khas demokrasi Indonesia yang bermartabat.

4. Memperkuat gerakan nilai-nilai moderasi beragama serta membangun masyarakat yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas dan gotong royong.

5. Menyuarakan isu strategis nasional dan internasional dan berperan aktif membangun masyarakat, bangsa dan negara menuju Indonesia Emas 2045.



Simak Video "Polri Buka Peluang Gandeng Pihak Luar Buat Buru Bjorka!"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/bpa)