Riau

Gubernur Riau Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana 2022 dari BKKBN

Rhazes Putra - detikSumut
Kamis, 07 Jul 2022 19:04 WIB
Gubernur Riau Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana 2022 dari BKKBN
Foto: Dok. Pemprov Riau
Jakarta -

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2022 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. Dia dinilai peduli dalam mendukung program kemajuan keluarga berencana (KB) dan kesejahteraan keluarga di Provinsi Riau.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-29 tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara.

"Alhamdulillah peringatan Harganas tahun 2022 ini kita menerima anugerah Manggala Karya Kencana yang merupakan penghargaan tertinggi dari kepala BKKBN RI. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat telah berpartisipasi mensukseskan berbagai program yang telah dicanangkan," ujar Syamsuar dalam keterangan tertulis, Kamis, (7/7/2022).


Lebih lanjut, ia menyampaikan jajaran Pemerintah Provinsi Riau selalu berkomitmen dan mendukung keberhasilan dalam pengelolaan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana di Provinsi Riau.

Diketahui, MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui BKKBN RI kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap pengelolaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Selain Gubri, terdapat beberapa gubernur lainnya yang memperoleh penghargaan yang sama. Di antaranya, Arinal Junaidi selaku Gubernur Lampung, dan Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara.

Dalam acara itu, sekaligus juga diberikan penghargaan MKK kepada dua Ketua TP PKK kabupaten di Riau yaitu kepada Ketua TP PKK Kabupaten Indragiri Hilir, Zulaikhah Wardan dan Ketua TP PKK Rokan Hulu, Peni Herawati.

Kemudian, juga diserahkan penghargaan Kampung KB sebagai Juara II di Indonesia, yaitu Kampung KB Berkah Bersama dari Riau, dan juga diraih apresiasi juara II anggaran sedang penyaluran DAK dari 50 miliar sampai dengan 100 miliar pengelolaan DAK fisik reguler dan BO KB, kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Riau.(ADV/ADV)

(akd/ega)