Gubsu Laporkan Angka Stunting ke Jokowi: Sumut Saat Ini 24 Persen

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikSumut
Kamis, 07 Jul 2022 11:41 WIB
Jokowi Rencananya akan melakukan kunjungan ke Pulau Nias. Kemudian Jokowi akan mengunjungi pasar di Medan, menghadiri acara Harganas, dan melakukan peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan.
Gubsu Edy Rahmayadi dan Presiden Jokowi. (Foto: Diskominfo Sumut)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melaporkan soal angka stunting di Sumut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Edy menyampaikan hal itu saat peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 di Medan.

"Dalam keluarga berencana yang Bapak lihat sepanjang tadi jalan, kami laporkan Sumatera Utara saat ini 24 persen, Bapak Presiden, masih dinyatakan stunting," kata Edy dalam sambutannya saat acara di Lapangan Merdeka, Medan, Kamis (7/7/2022).

"Jadi kalau lahir 100 bayi, 24 bayi masih mengidap stunting," sambungnya.


Edy kemudian menyampaikan soal pihaknya sudah berupaya untuk menekan angka stunting itu. Angka stunting tahun ini, kata Edy, sudah menurun dari tahun-tahun sebelumnya.

"Di 2019, di 2020 (jumlah stunting) 30,1 persen. Yang terbesar sampai 47 persen itu di Mandailing Natal, Deli Serdang itu 12 persen, kota Medan sendiri 19 persen," sebut Edy.

Edy mengatakan Pemprov Sumut dan seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumut akan terus berupaya menekan angka stunting. Dia menargetkan, angka stunting bisa turun hingga 12 persen.

"Kami bersama bupati dan wali kota bersepakat untuk di 2022, 2023 kami tekan sampai Insyaalllah 12 persen," jelasnya.



Simak Video "Di Depan Jokowi, Gubsu Janji Tekan Stunting dari 24% Jadi 12%"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/dpw)