Berita Nasional

Faktor Keajaiban Alam, Indonesia Menjadi Negara Terindah di Dunia

Tim detikEdu - detikSumut
Kamis, 30 Jun 2022 06:57 WIB
Panorama Danau Toba dari Desa Tipang
Ilustrasi Foto kawasan Danau Toba yang diabadikan dari desa Tipang, Baktiraja, Humbang Hasundutan. Dokumen Disparpora Kabupaten Humbang Hasundutan
Jakarta -

Sekalipun banyak wilayah Indonesia khususnya alam yang mengalami kerusakan akibat ulah manusia, lemahnya perlindungan dan pengawasan pemerintah. Serta faktor bencana alam, namun Indonesia masih menjadi negara terindah di dunia.

Dilansir dari Forbes, sebuah studi baru dari situs money.co.uk telah merilis peringkat negara terindah di dunia dengan menganalisis jumlah keajaiban alam di setiap lokasi.

Keajaiban alam yang dimaksud dilihat dari terumbu karang, hutan hujan tropis hingga gunung berapi atau gletser, dan banyak lagi.


Dari hasil studi tersebut, Indonesia berada di urutan teratas dengan skor keindahan alam 7,77 dari 10. Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 17.000 pulau.

Sal Haqqi, editor keuangan di money.co.uk, mengatakan Indonesia memiliki terumbu karang yang sangat luas di lepas pantai.

"Dan di lepas pantai pulau-pulau ini, akan ditemukan lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang, penuh dengan kehidupan, banyak yang dapat dijelajahi dari provinsi populer Bali," ungkapnya.

Selain itu, hal yang membuat Indonesia di puncak peringkat karena ada Taman Nasional Komodo (Situs Warisan Dunia UNESCO), Pulau Sumatera (yang ditutupi dengan hutan tropis) dan Kalimantan (rumah bagi suaka orangutan).

Menyusul Indonesia, Selandia Baru menempati posisi kedua dengan skor keindahan alam 7,27 dari 10. Negara ini dikenal dengan puncak gunung, perbukitan dan sejumlah gletser dan gunung berapi aktif.

Kemudian di peringkat ketiga ada Kolombia yang mendapat skor keindahan 7,16 dari 10. Kolombia memiliki garis pantai yang panjang dengan lanskap indah yang bervariasi, dari Amazon hingga Andes.



Simak Video "Tarif Rp 3,75 Juta Pulau Komodo Akhirnya Ditunda Usai Tuai Protes"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)