Wagub Sumbar Luncurkan Komik untuk Kenalkan Potensi Daerah

Dea Duta Aulia - detikSumut
Jumat, 24 Jun 2022 21:25 WIB
Wagub Sumbar Luncurkan Komik untuk Kenalkan Potensi Daerah
Foto: Dok. Pemprov Sumbar
Jakarta -

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy meluncurkan komik strip yang berjudul 'Da Audy dan Yuang Lala' di Padang, Jumat (24/6/22). Komik tersebut dihadirkan sebagai wadah untuk mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Sumbar.

Komik hasil kolaborasi dengan seniman Muhammad Fadli yang akrab disapa Ajo Wayoik ini berisikan tentang sejumlah hal yang masih belum diketahui banyak orang tentang Sumbar. Nantinya, para pembaca pun bisa mendapatkan komik tersebut secara gratis melalui media sosial dan website.

"Seperti cerita tentang berburu babi dengan anjing, dan kenapa Sumbar punya bendera yang mirip bendera Jerman. karena banyak orang luar kan belum tahu," kata kata Audy Joinaldy dalam keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).


Adapun tokoh utama dari komik ini yakni Da Audy dan Yuang Lala dengan representasi berbeda-beda. Khusus Da Audy menggambarkan seorang akademisi dan pebisnis. Serta Yuang Lala merupakan wisatawan dari luar Sumbar yang ingin mengenal ranah Minangkabau lebih jauh.

"Da Audy adalah representasi dari diri saya pribadi. Bukan sebagai Wakil Gubernur, bukan juga sebagai akademisi atau pebisnis. Hanya orang biasa yang ingin memperkenalkan segala hal tentang Sumbar kepada khalayak dengan cara yang menyenangkan lewat humor ringan. Nanti juga akan ada tokoh-tokoh lain, mungkin sekitar empat atau lima orang, kita lihat nanti," katanya.

Sementara itu, Ajo Wayoik menjelaskan hadirnya komik ini diharapkan mampu membantu untuk mempromosi pariwisata dan mempererat hubungan antara pemerintah dengan warga.

"Lewat komik ini kita Ingin melepaskan Da Audy dari kesibukan sebagai pejabat daerah lewat gambar, melalui komik Da Audy bisa ada dimana saja, kapanpun dan lebih dekat dengan rakyat," ujar Ajo.

Kehadiran komik ini pun disambut baik oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumbar Novrial. Menurutnya, komik ini bisa menjadi wadah untuk membantu meningkatkan minat baca dan budaya literasi bagi generasi muda di Sumbar.

"Memperkenalkan budaya dan pariwisata Sumbar dengan cara humor melalui komik akan sangat mudah diterima oleh generasi muda," tutup Novrial.

(akd/ega)