Aceh

Evakuasi Penumpang Tabrakan di Aceh Besar Berlangsung Dramatis

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 08 Jun 2022 16:37 WIB
Kondisi mobil yang terlibat tabrakan di Aceh Besar
Kondisi mobil yang terlibat tabrakan di Aceh Besar.(Foto: istimewa)
Banda Aceh -

Tabrakan antara mobil penumpang L300 dengan Daihatsu Xenia terjadi di Aceh Besar. Kecelakaan itu menyebabkan satu penumpang terjepit sehingga proses evakuasi berlangsung dramatis.

Insiden tabrakan itu terjadi di jalan lintas Banda Aceh-Medan persisnya di Desa Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Rabu (8/6/2022). Saat kejadian, mobil minibus L300 berpelat BL 1255 AN melaju dari arah Medan tujuan Banda Aceh.

Setiba di lokasi, datang mobil Xenia yang melaju dari arah berlawanan. Mobil Xenia berpelat BL 1989 MV diduga hendak mendahului kendaraan di depannya sehingga mengambil lajur kanan.


"Kedua kendaraan tersebut bertabrakan dan mobil L300 terperosok ke sawah," kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani kepada wartawan.

Akibat kecelakaan tersebut, delapan orang mengalami luka-luka. Salah seorang penumpang, Mariana (65) sempat terjepit di dalam mobil sekitar 30 menit.

Kepala Basarnas Banda Aceh Budiono mengatakan, kedua kaki Mariana terjepit kursi sopir sehingga tidak dapat dikeluarkan. Petugas Basarnas Banda Aceh yang mendapat laporan kecelakaan tersebut dikerahkan ke lokasi untuk mengevakuasi korban.

Petugas SAR disebut harus memotong kursi yang dipakai korban dengan alat ekstrikasi hidrolik combi cutter. Setelah itu, petugas memakai penyangga leher ke korban.

Mariana selanjutnya dikeluarkan dari mobil dengan menggunakan tandu. Proses evakuasi korban berlangsung sekitar 10 menit.

"Korban selanjutnya dibawa ke RS Meuraxa untuk mendapatkan perawatan," jelas Budiono.



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)