8 Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Kabur Lagi

Riau

8 Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Kabur Lagi

Raja Adil Siregar - detikSumut
Kamis, 02 Jun 2022 15:57 WIB
Ratusan pengungsi Rohingya dievakuasi di Aceh. Diketahui, sebanyak 120 pengungsi Rohingya sebelumnya terdampar di perairan laut Aceh.
Ilustrasi pengungsi Rohingya (Foto: Antara Foto)
JPekanbaru -

Delapan pengungsi Ronghiya di Pekanbaru kabur. Kaburnya pengungsi itu menambah jumlah pengungsi kabur sejak dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru.

"Benar, kita terima laporan adanya delapan pengungsi Rohinya kabur lagi," tegas Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andri Setiawan, Kamis (2/6/2022).

Andri mengatakan pengungsi dilaporkan kabur, Rabu (1/6) dini hari. Namun belum diketahui penyebab kaburnya pengungsi dari Wisma D'cop 2, Tangkerang Selatan.


"Untuk penyebab belum diketahui karena petugas masih di lapangan. Sebelumnya juga sudah ada kabur 26 orang," katanya.

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian menambahkan, pihaknya mencatat total ada 34 pengungsi Rohingya kabur setelah sampai di Pekanbaru. Mereka kabur dengan cara memanjat tembok.

"Ada delapan orang kabur lagi, jadi total 34 pengungsi Rohingya kabur sampai saat ini. Tapi kan mereka ini dari Bangladesh sudah melarikan diri. Kemudian UNHCR tetapkan sebagai pengungsi," kata Zulfahmi.

Zulfahmi menyebut pengungsi kabur dari wisma karena tujuannya adalah ke negeri Jiran, Malaysia. Namun mereka terdampar di Indonesia.

"Alasan (kabur), mereka mau ke Malaysia, tapi terdampar di Indonesia sehingga kita tangani dan disiapkan tempat. Sampai di Aceh, ditempatkan sementara. Awalnya ada 200 lebih, di sana kabur ke Malaysia," katanya.

Saat akan dipindahkan ke Pekanbaru dari Aceh, tercatat ada 155 pengungsi. Tetapi saat tiba hanya ada 119 orang.

"Saat pemindahan mereka berjumlah 199 orang, sudah kabur sebelum sampai Pekanbaru. Lalu tiga hari setelah sampai mereka kabur. Kemarin kabur lagi, alasan mereka mau ke Malaysia karena keluarga mereka banyak di Malaysia," katanya.

Sebelumnya 26 orang pengungsi Rohingya kabur dari pengungsian di Kota Pekanbaru, Riau. Mereka kabur dengan cara memanjat pagar pengungsian.

Pengungsi kabur dari wisma dengan memanjat pagar. Namun ada juga yang sengaja kabur dari pintu utama saat dijaga petugas keamanan di wisma pengungsian.



Simak Video "Jokowi Cek Pelayanan BPJS di Pekanbaru, Apa Kata Warga?"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/astj)