Bengkulu

Pemprov Dorong Raperda Wajibkan ASN Dites Urine Segera Disahkan

Hery Supandi - detikSumut
Rabu, 01 Jun 2022 21:15 WIB
Ilustrasi tes urine
Ilustrasi Tes Urine (Foto: Thinkstock)
Bengkulu -

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sedang dibahas di DPRD Bengkulu. Raperda ini disiapkan untuk mengatasi penyebaran narkoba.

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar mengatakan dalam Raperda ini salah satu poinnya adalah kewajiban dari masing-masing perangkat daerah dan instansi yang ada di Provinsi Bengkulu ini untuk melakukan tes urine secara rutin. Tes urine ini bertujuan dalam upaya pencegahan dan deteksi dini atas penyalahgunaan narkoba di lingkungan pemerintah.

"Bila nanti Raperda ini sudah menjadi Perda P4GN Provinsi Bengkulu, masing-masing perangkat daerah dan instansi itu harus menganggarkan pelaksanaan untuk tes urine," kata Khairil Anwar, Rabu (01/05/2022).


Khairil mengatakan dalam Raperda P4GN itu juga mengatur tentang sanksi bagi PNS yang terbukti mengkonsumsi narkoba. Sanksi itu dapat secara administrasi hingga sanksi pemberhentian.

"Kita berharap Perda ini dipercepat pengesahannya karena penyebaran narkoba di Bengkulu termasuk mengkhawatirkan dan jika Perda ini sudah ada semua elemen bisa bergerak bersama dengan payung hukum ini," jelas Khairil.

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Husin Abdisa Sembiring mengatakan, Raperda yang diajukan Pemerintah Provinsi Bengkulu itu sudah dibahas oleh pansus DPRD.

"Raperda P4GN sudah dibahas dalam rapat Pansus Dewan," kata Husin saat dihubungi.

Husin mengungkapkan Reperda P4GN sedang didalam pembahasan. Saat ini masih dilakukan uji publik, bila nanti sudah selesai maka akan segera kita paripurnakan di DPRD.



Simak Video "Gempa 5,4 M Guncang Perairan Bengkulu"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)