RIAU

Prof Sri Indarti Siap Bertarung di Pemilihan Rektor Universitas Riau

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 16 Mei 2022 20:39 WIB
Prof Sri Indarti
Prof Sri Indarti. Foto: raja adil siregar/detikSumu
Riau -

Sejumlah nama calon rektor di Universitas Riau (Unri) mulai bermunculan pasca dibuka tahapan seleksi. Salah satu nama yang ramai diperbincangkan adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prof Dr Sri Indrati.

Sri Indarti mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon rektor dalam waktu dekat ini setelah dibuka. Bahkan Sri mengaku dapat banyak dukungan dari rekan sejawatnya di Unri.

"Proses sampai siap untuk maju sebagai calon rektor telah melawati pertimbangan yang matang. Baik keluarga, kolega dan dukungan dari sebahagian besar kawan- Senat Unri," ujar Sri saat berbincang santai di kampus, Senin (16/5/2022).


Dengan berbagai pertimbangan matang, Sri akhirnya memutuskan maju sebagai kandidat calon rektor. Ia menilai amanah banyak dari rekan sejawatnya dan harus diemban.

"Saya memandang ini bagian dari amanah yang harus direspon. Dari sisi kualifikasi manejerial dan akademik memang kawan memandang saya punya kapabilitas untuk dicalonkan sebagai calon rektor, saya siap," katanya.

Bukan tanpa alasan, Sri tercatat sukses mengemban banyak amanah selama mengabdi di Universitas Riau. Amanah itu antara lain pernah memimpin jurusan, prodi, wakil dekan.

Tidak sampai disitu, Sri juga saat ini masih aktif sebagai dekan FEB pada periode ke 2. Sementara dari sisi karir akademik Sri juga merupakan salah satu Guru Besar di Unri.

Setelah deklarasi kepastian maju, Sri juga akan mencatatkan sejarah sebagai rektor perempuan pertama jika terpilih. Sebab, belum pernah ada rektor Srikandi seperti kampus lain di Indonesia.

"Saya dan kawan-kawan berpandangan Unri perlu membuat sejarah sebagaimana beberapa Universitas di Indonesia seperti ITB, UNPAD, UNHAS di mana rektornya perempuan. Ini menurut hemat saya juga sebagai ajang pembuktian bahwa perempuan juga mampu untuk memimpin kampus," katanya.

Terakhir, Sri melihat Kampus Biru Langit itu memiliki potensi untuk dikembangan sebagai World Class University. Tentunya dengan sumber daya yang dimiliki dengan persiapan matang.

Diberitakan sebelumnya, masa kepemimpinan Rektor Unri Prof Aras Mulyadi Periode 2018-2022 akan segera berakhir. Saat ini pihak kampus kembali mengelar tahapan Pemilihan Rektor Periode 2022-2026.

Panitia sendiri tengah memasuki tahapan sosialisasi hingga penjaringan. Pada tahap ini tim melakukan sosialisasi selama satu bulan, mulai 20 April sampai 17 Mei 2022. Sementara untuk pembukaan pendaftaran dimulai pada 18-31 Mei 2022.

Siapakah kadidat calon rektor Biru Langit lain?



Simak Video "Lewat Jalan Ekstrem di Inhil Riau Ini Wajib Banyak Doa!"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/bpa)