Aceh

Dear Pemudik, Ini Titik Rawan Banjir-Longsor di Wilayah Aceh

Agus Setyadi - detikSumut
Jumat, 29 Apr 2022 17:22 WIB
Ilustrasi - Tol Jakarta Cikampek di Cikopo pada Minggu (10/6/2018) malam
Ilustrasi Mudik (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Banda Aceh -

Warga yang melakukan perjalanan mudik di Aceh perlu mewaspadai sejumlah titik rawan longsor dan banjir. Pengendara diminta selalu memantau perkembangan cuaca dari BMKG.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) merilis sejumlah titik di jalur lintas tengah dan barat selatan yang rawan bencana. Pemudik diminta berhati-hati ketika melintas terutama ketika cuaca sedang hujan.

"Bagi yang akan berkendara ke wilayah tengah perlu kita berhati-hati di wilayah Cot Panglima, wilayah Gayo Lues di daerah Ise-ise," kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).


Selain itu, pemudik yang melewati daerah Putri Beutong Pegunungan Leuser juga perlu hati-hati. Masyarakat yang melintas di wilayah Gunung Salak menuju Bener Meriah atau sebaliknya diminta mewaspadai terjadinya longsor serta penurunan permukaan jalan.

Pengendara yang melintas di Pidie-Meulaboh perlu hati-hati ketika memasuki kawasan Geumpang dan Tutut. Lokasi rawan longsor lain yakni di Gunung Kulu dan Paro di Aceh Besar.

"Untuk wilayah Geureute, Aceh Jaya perlu diwaspadai jatuhan batu gunung. Untuk wilayah Aceh selatan dan Aceh Tamiang, longsor biasanya tidak terjadi di jalan lintas namun diharapkan tetap berhati-hati," jelas Ilyas.

"Selain memperhatikan wilayah-wilayah rawan bencana alam, pemudik juga diimbau tetap menjaga protokol kesehatan dengan terus memantau perkembangan dan prediksi cuaca dari BMKG sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran," terang Ilyas.



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/afb)