Jambi

Harimau Sumatera yang Mangsa Ternak Akan Dilepasliarkan 

Ferdi Almunanda - detikSumut
Rabu, 27 Apr 2022 14:37 WIB
Harimau Sumatera di Jambi akan dilepasliarkan
Harimau yang masuk perangkap BKSDA Jambi di Kabupaten Merangin. (dok Istimewa)
Jambi -

Harimau Sumatera berusia dua tahun yang memangsa belasan hewan ternak di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin Jambi akan dilepasliarkan.

Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh mengatakan harimau tersebut rencananya akan dilepasliarkan di kawasan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi.

"Kalau pelepasliaran ini kan di TNKS dan jadwal kita belum bisa pastikan, yang jelas habis lebaran tahun ini," ujarnya usai bertemu Kapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo, Rabu (27/4/2022).


Rahmad menjelaskan nantinya harimau akan dibawa ke areal hutan dengan menggunakan hellikopter. "Pelepasliaran menggunakan heli ini nantinya akan menggantung di udara, hal itu bertujuan agar kondisi pilot aman dan pelepasliaran harimau tersebut dapat segera sampai ketujuan dalam hutan," jelasnya.

Kapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo mengatakan konflik harimau dan manusia terjadi akibat habitat harimau yang mulai terganggu. Bahkan ada areal hutan yang telah beralih fungsi menjadi lahan perkebunan.

"Lokasi habitatnya ada yang sudah jadi kebun, dan rumahnya sudah tidak ada lagi, jadi itulah yang membuat harimau itu masuk ke kampung-kampung warga mulai makan hewan ternak. Rumahnya ini sudah tidak ada lagi sudah habis dimakan manusia sudah dijadikan kebun semua," ucap Rachmad.

Sebelumnya, seekor harimau berukuran besar berhasil masuk perangkap yang diletakan oleh petugas BKSDA Jambi. Harimau berusia 2 tahun berkelamin jantan itu ditangkap lantaran telah memakan 11 hewan ternak warga.

Harimau ini berhasil ditangkap dan masuk perangkap petugas pada Kamis sore (21/4) tepatnya di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin Jambi. Saat masuk perangkap, Harimau dalam kondisi sehat itu terlihat garang.



Simak Video "Penampakan Harimau di Jambi yang Memangsa Belasan Ternak"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)