Ini Loh Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Batak Toba

Tim detikSumut - detikSumut
Rabu, 27 Apr 2022 04:30 WIB
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Foto: Getty Images/iStockphoto/Agus Supriyatna
Medan -

Halo semua, Idul Fitri sudah semakin dekat. Tinggal menunggu beberapa hari lagi nih. Nah biasanya kita akan mengirimkan pesan melalui aplikasi kepada teman -teman. Ungkapan permohonan maaf lahir batin dan ucapan selamat.

Tradisi ini ada disemua komunitas, tidak terkecuali untuk masyarakat Batak Toba. Nah punya sahabat, saudara, teman berdarah Batak Toba? Ingin ucapkan selamat Idul Fitri dalam bahasa Batak Toba? Nih kami bagikan ucapan selamat Idul Fitri dalam bahasa Batak Toba.

Marlakka tu siamun, mandapot laba. Marbogas do hata, tading di roha. Molo tung pe godang na sala di ari naung salpu. Ni todo ari Idul Fitri pasahat tabe, asa hattus maaf lahir batin.


Artinya:
Langkah kanan, membawa rezeki. Tutur kata akan membekas di hati. Di waktu lampau banyak yang salah. Ku pilih hari yang fitri untuk menyapa. Agar sempurna maaf lahir batin



Martopi do tao, marganti nang ari. Molo tung pe padao - dao, alai jonok do tondi. Nungga tabolus na marpuasa, paiashon tondi manggohi pasu pasu. Godang na sala di ari nasalpu, maaf lahir batin ma di ari Idul Fitri on.

Artinya:
Danau memiliki tepi, hari juga memiliki akhir. Raga saling berjauhan, tetapi jiwa selalu berdekatan.
Kita sudah melewati masa puasa, bersihkan jiwa dan penuhi berkah. Banyak kesalahan di waktu lampau, di hari Idul Fitri ini saya ungkapkan maaf lahir batin.

Uli pakkuling ni hasapi, ummulian molo rap dohot tagading. Uli pe ari na tabolus, ummulian molo marsihaholongan. Godang pe na sala di ari na salpu, ungkap do roha mangido maaf lahir batin. Selamat idul Fitri.

Artinya:
Merdu suara kecapi, akan lebih indah jika disandingkan dengan gendang. Indah hari yang dilalui, akan lebih baik jika dijalani dengan cinta kasih. Banyak kesalahan di waktu lampau, maka setulus hati harus memohon maaf lahir batin. Selamat Idul Fitri.

Dang makkuling sada tangan lao martopak. Dang mararga hata molo dang marbalos. Tung godang pe na sala di tingki na salpu. Denggan do hatahonon maaf lahir batin. Asa uli ari na Idul Fitri dalananta.

Artinya:
Tidak baik bertepuk sebelah tangan. Tidak berharga ucapan tanpa balasan. Walaupun banyak kesalahan diwaktu lampau. Maka baiknya ucapkan maaf lahir batin. Agar sempurna hari Idul Fitri ini.

Maniti ari nauli, asa denggan ulaon. Manodo bagas ni raja asa denggan inganan. Molo tung pe godang akka arsak ni baen. Maaf lahir batin ma ni dok di Idul Fitri on.

Artinya:
Memilih hari yang baik untuk pekerjaan yang baik. Memilih tempat raja untuk hunian yang baik. Banyak kesalahan diperbuat di waktu lampau. Maaf lahir batin ku ucapkan di hari Idul Fitri ini.

Nauli na denggan na binahen tong mulak tu iba. Asa lam denggan ngolu madongan pasu - pasu Na. Ni hatahon ma Maaf lahir batin tu hita sudena. Selamat Idul Fitri

Artinya:
Perbuatan baik akan memberikan kebaikan juga. Agar sempurna hidup dengan berkah Nya. Maka wajib ucapkan maaf lahir batin untuk kita semua. Selamat Idul Fitri



Simak Video "Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan & Empat KMP di Kawasan Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)