Sandiaga Uno Dorong Hotel Manfaatkan Rantai Pasok UMKM Lokal

Datuk Haris Molana - detikSumut
Jumat, 15 Apr 2022 08:07 WIB
Sandiaga Uno saat rapat dengan industri pariwisata di Medan.
XSandiaga Uno saat rapat dengan industri pariwisata di Medan. (Sandiaga Uno saat rapat dengan industri pariwisata di Medan.
Medan -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengusaha perhotelan di Sumatera Utara (Sumut) khususnya di Medan, untuk ikut memperkuat rantai pasok dengan memanfaatkan produk-produk buatan UMKM lokal.

Menurut Sandi, langkah ini dilakukan sebagai upaya mencapai target persentase kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar 12-13 persen.

"Pariwisata kita targetkan berkontribusi terhadap perekonomian nasional meningkat sekitar 15 persen sampai 20 persen. Menuju angka 5 persen kontribusinya. Ekonomi kreatif lebih signifikan dari 7 persen kita targetkan bisa mencapai 8 persen sehingga kombinasi pariwisata dan ekonomi kreatif ini mencapai 12-13 persen kontribusinya terhadap ekonomi," sebut Sandi kepada para wartawan, Kamis malam (14/4/2022).


Kementerian yang dipimpn Sandi juga memasang target terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru, yang dominan dipasok oleh sektor ekonomi kreatif.

"Dalam jangka waktu menengah jangka panjang kita menargetkan 15-20 persen, itu targetnya. Tapi yang paling penting tahun ini kita akan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru. 400 ribu disektor pariwisata dan 700 ribu di sektor ekonomi kreatif," tambah Sandi.

Menurut dia, penguatan rantai pasok dari UMKM akan sangat membantu sektor ini bertahan, apalagi di tengah pandemi. Banyak sektor yang memang butuh penguatan untuk pulih.

"Program-program kami menghadirkan satu solusi kongkrit, membantu masyarakat, kita berempati, kita merangkul UMKM supaya mereka bisa menghadapi situasi yang cukup berat ini," sebut Sandi.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony mengapresiasi terkait langkah pemerintah pusat untuk industri pariwisata di Sumut.

"Kami dari Provinsi Sumatera Utara, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini khususnya Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, kita sama-sama tahu di atas ada kegiatan rantai pasok industri khusus untuk pariwisata," ungkapnya.

Menurut dia, kemungkinan besar selama ini semua pihak berjalan masing-masing. Industri pariwisata, khususnya perhotelan, sebenarnya memiliki banyak kebutuhan, namun belum pas dengan hasil produksi UMKM.

"Ini adalah momen yang sangat luar biasa sekali. Jadi ini menjadi langkah awal bagi industri pariwisata di Sumut dan tentunya meningkatkan untuk UMKM yang akan masuk ke industri pariwisata," tambah Zumri.



Simak Video "Strategi Menparekraf Genjot Pelaku UMKM di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/dpw)