Ditanya Soal Nyapres, Begini Respons Sandiaga Uno

Sumatera Barat

Ditanya Soal Nyapres, Begini Respons Sandiaga Uno

Jeka Kampai - detikSumut
Rabu, 13 Apr 2022 12:04 WIB
Sandiaga Uno kunker ke Sumatera Barat.
Sandiaga Uno kunker ke Sumatera Barat. (Foto: Jeka Kampai)
Solok -

Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno muncul sebagai salah satu kandidat Capres Pilihan Publik 2024 dalam survei nasional "5 Capres Pilihan Publik 2024" yang dirilis Point Indonesia.

Nama Sandi mengalahkan mantan pasangannya memimpin DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam survei tersebut, Sandi ada di posisi ketiga setelah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Selain survei, di sejumlah daerah nama Sandi juga sudah di deklarasikan untuk maju di Pilpres 2024.


Saat ditanya soal kemungkinan maju sebagai Capres, Sandi meyakini Tuhan akan memberikan jalan di 2024 agar Indonesia berganti kepemimpinan.

"Saya yakin di 2024 nanti, pasti Allah bukakan jalan agar Indonesia nanti berganti kepemimpinan, dengan mulus, berbasis Pancasila dan NKRI kita semua," kata Sandi saat mengunjungi sejumlah kawasan wisata di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (13/4/2022).

Menurut Sandi, pembicaraan tentang politik saat ini sah-sah saja. Namun ia mengaku sedang fokus menyelesaikan tugas-tugas kementerian, sesuai arahan Presiden.

"Pertama-tama saya ingin fokus sesuai arahan Presiden untuk menyelesaikan tugas kita. Bukan sampai 2024, tapi akhir 2023. Dan pada Sidang Kabinet Paripurna kemarin, beliau melarang setiap menterinya untuk berbicara tentang perpanjangan atau 3 periode. Jadi itu clear," katanya.

"Nah, karena tugas saya di kementerian, sebagai pembantu Presiden saya harus memastikan sektor kami yang dua tahun ini betul-betul terdampak Pandemi bisa segera bangkit," tambahnya.

Sandi berharap semua pihak bergandengan tangan dan tidak terpecah belah akibat pertarungan politik.

"Sah-sah saja pembicaraan tentang politik. Pada saatnya nanti, karena saya pernah mengikuti kontestasi demokrasi dua kali, saya ingin kita semua bergandengan tangan. Jangan terpecah-pecah. Kita punya window atau jendela yang sangat-sangat sempit dilalui saat pandemi ini," tambah dia.

Sebelumnya, lembaga strategi kampanye politik, Point Indonesia merilis hasil survei nasional bertajuk '5 Capres Pilihan Publik 2024' pada Minggu (10/4) di Jakarta. Hasil survei tersebut menghasilkan sejumlah temuan terkait figur-figur yang berpotensi maju dalam kontestasi Pemilu 2024.

Dalam survei tersebut, nama Prabowo Subianto muncul sebagai kandidat Presiden Republik Indonesia yang paling populer dengan persentase 28 persen. Calon Presiden lainnya yang juga masuk dalam ranking 5 besar, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 24,1 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 21,7 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 10,3 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,2 persen.

Point Indonesia melaksanakan survei pada 11-22 Maret 2022 menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan sebaran sampel secara proporsional di 34 Provinsi. Jumlah sampling sebanyak 1.916 responden dengan margin of error plus minus 2,24 persen.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)