Icip Pallu Kaloa Legendaris Khas Makassar, Kuliner Ikan Kaya Rempah

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Minggu, 07 Agu 2022 11:59 WIB
Makassar khas Makassar Pallu Kaloa
Makanan khas Makassar Pallu Kaloa (Foto: Nurul Istiqamah)
Makassar -

Pallu Kaloa merupakan salah satu sajian khas Sulawesi Selatan berbahan dasar kepala ikan. Hidangan kuliner khas Makassar ini cukup unik dengan kuah hitam yang berasal dari keluak.

Pallu Kaloa sendiri berasal berasal dari kata pallu, yaitu masakan dan kaloa yaitu rempah keluak. Hidangan ini berkuah encer hingga agak kental yang berwarna kehitaman.

Rumah Makan (RM) Pallu Kaloa 1 di Jalan Tentara Pelajar merupakan salah satu tempat legendaris untuk mencicipi hidangan ini. Pasalnya, sajian Pallu Kaloa di rumah makan tersebut sudah ada sejak 60 silam.


"Sudah 60 tahun. Awalnya di sentral, setelah berkembang pindah ke sini," ungkap Asrani yang merupakan generasi 3 pemilik Rumah Makan Kalloa 1 saat ditemui detikSulsel, Sabtu (6/8/2022).

Asriani mengatakan pengelolaan dapur rumah makan miliknya masih dikelola oleh sang Ibu, tidak lain adalah anak dari pemilik awal RM Pallu Kaloa 1 tersebut. Ia menyebutkan pengaturan dapur hingga resep Pallu Kaloa masih dilakukan sendiri oleh Ibunya.

"Sebenarnya masih Mama Aji yang pegang ini. Semua aturan dapurnya Mama Aji yang pegang. Resep dan tata caranya dari dulu tidak ada yang berubah, yang bikin racikan bumbunya saja dia yang tahu," kata Asrani.

Lokasi RM Pallu Kaloa 1 berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 104, Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar. Rumah makan ini dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 22.00 Wita.

Jenis ikan untuk hidangan Pallu Kaloa di rumah makan ini bisa dipilih sesuai selera. Tersedia berbagai jenis ikan seperti ikan bandeng, ikan tuna, ikan kakap putih atau ikan kakap merah.

Mengunjungi RM Pallu Kaloa 1 pada Sabtu (6/8), detikSulsel mencicipi menu legendaris Pallu Kalloa Kepala Ikan Kakap Putih serta Telur Ikan Goreng sebagai pelengkap.

Simak kelezatan Pallu Kaloa Kepala Ikan kakap Putih...