BPUPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa? Simak Ulasannya

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Kamis, 04 Agu 2022 08:40 WIB
sidang bpupki
Sidang BPUPKI (Foto: Dok. Wikipedia Commons)
Makassar -

BPUPKI dibentuk pada tanggal berapa? Ini dapat diketahui dengan mengulas BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). BPUPKI adalah suatu badan bentukan pemerintah Jepang pada masa penjajahan di Indonesia.

Latar belakang pembentukan BPUPKI secara tertulis termuat dalam Maklumat Gunseikan Nomor 23 tanggal 29 Mei 1945. Pembentukan BPUPKI dilatarbelakangi karena kedudukan Jepang yang sudah semakin terancam pada perang melawan sekutu saat itu.

Lantas BPUPKI dibentuk pada tanggal berapa? Simak penjelasan berikut ini


Melansir website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945 dan bertujuan untuk mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dengan memberikan janji akan membantu proses terealisasikannya kemerdekaan Indonesia. Upacara peresmian BPUPKI dilangsungkan di gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon (Sekarang gedung Departemen Luar Negeri), Jakarta,pada tanggal 28 mei 1945.

Upacara peresmian BPUPKI itu juga dihadiri oleh dua orang pejabat Jepang, yaitu Jendral Itagaki dan Letnan Jendral Nagano. Pada upacara itu bendera Jepang dikibarkan oleh Mr. A. G. Pringgodigdo, kemudian pengibaran bendera merah putih oleh Royohiko Masuda.

BPUPKI dibentuk tanggal 23 April 1945 bukan sepenuhnya kebaikan hati dari pemerintah Jepang. Dapat dikatakan kebijaksanaan ini diambil oleh Jepang untuk memikat hati rakyat Indonesia, demi untuk mempertahankan sisa-sisa kekuatannya.

Sejarah Pembentukan BPUPKI

Sejarah pembentukan BPUPKI diawali dengan Jepang yang mulai terdesak dalam Perang Asia Timur Raya pada akhir 1944. Bayang-bayang kekalahan Jepang mulai nampak karena seluruh garis pertahanan Jepang di Pasifik hancur oleh serangan sekutu.

Pada 1 Maret 1945 dalam situasi kritis, Letnan Jendral Kumakici Harada,pimpinan pemerintah pendudukan Jepang di Jawa, mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Anggotanya terdiri dari 60 orang yang bertujuan menyelidiki hal-hal penting menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka.

Pengangkatan pengurus BPUPKI diumumkan pada 29 April 1945. Badan ini semula berjumlah 70 orang, terdiri atas 62 orang Indonesia dan 8 orang istimewa Jepang yang hanya bertugas mengamati, kemudian pada sidang kedua ditambah 6 orang anggota dari Indonesia.

Simak selanjutnya susunan anggota BPUPKI...