Catat Lur! Tarif Masuk Kebun Buah Mangunan Bantul Naik Jadi Segini

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 18:24 WIB
Kebun Buah Mangunan negeri di atas awan yogyakarta
Kebun Buah Mangunan negeri di atas awan Bantul. (Foto: Iqbal Lana/d'traveler)
Bantul -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menaikkan tarif retribusi di Kebun Buah Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Kenaikan tarif Rp 2 ribu itu berkaca dari akses jalan yang sudah bagus dan penambahan jenis buah-buahan di kebun tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul Joko Waluyo mengatakan pengelolaan kebun buah Mangunan berada di bawah DKPP. Menurutnya kenaikan tarif retribusi di kebun tersebut merujuk Peraturan Bupati (Perbup) No 74 tahun 2022 tentang penyesuaian tarif retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan tarif retribusi penjualan hasil produksi usaha pertanian tertanggal 27 September.

"Tarif retribusi Kebun Buah Mangunan memang naik, tapi tidak maksimal, hanya naik Rp 2 ribu. Jadi dulu kalau hari biasa Rp 4.750 per orang dan saat libur atau ada event wisata Rp 5.750 per orang," katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (30/9/2022).


"Nah, karena naik Rp 2 ribu, untuk hari biasa saat ini dikenakan Rp 6.750 per orang dan saat hari libur atau saat ada event wisata Rp 7.750 per orang," lanjut Joko.

Menurut Joko, kenaikan tarif di tempat rekreasi hanya terjadi di Kebun Buah Mangunan. Sedangkan seperti kawasan pantai selatan, Gua Cerme dan Gua Selarong tetap sama.

"Kenaikan tarif itu karena tarif retribusi untuk masuk masih kecil dibandingkan dengan tempat (rekreasi) lain. Karena itu perlu penyesuaian tarif, apalagi kebutuhan akan perbaikan layanan dan kebutuhan lain juga naik," ujarnya.

Pasalnya, saat ini akses jalan menuju Kebun Buah Mangunan sudah beraspal sehingga memudahkan wisatawan untuk menuju kebun tersebut. Apalagi, jalan menikung menuju Kebun Buah Mangunan sudah direkayasa sehingga tidak menyulitkan pengendara.

"Saat ini jalan sudah halus, tikungan tidak begitu tajam dan parkir juga tidak bayar sampai seterusnya. Itu semua agar pengunjung yang datang baik menggunakan motor, mobil hingga bus merasa nyaman saat berkunjung," ucapnya.

Tak hanya itu, DKPP Bantul juga telah menambah jenis tanaman buah-buahan yang ada di Kebun Buah Mangunan. Semua itu untuk menarik kunjungan wisata ke kebun yang terkenal dengan pemandangan alam dari ketinggian, melihat matahari terbit hingga melihat matahari tenggelam.

"Kita juga tambah beberapa jenis buah-buahan di sana (Kebun Buah Mangunan). Tapi kembali lagi yang namanya buah itu musiman, durian nanti di awal tahun panen, biasanya saat Februari sampai April," katanya.



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)