Asyiknya Berburu Foto di Hutan Pinus Kajar Lereng Muria Kudus

Asyiknya Berburu Foto di Hutan Pinus Kajar Lereng Muria Kudus

Dian Utoro Aji - detikJateng
Minggu, 25 Sep 2022 13:38 WIB
Wahana wisata Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sabtu (24/9/2022).
Wahana wisata Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sabtu (24/9/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng
Kudus -

Hutan Pinus Kajar (Pijar) Park di lereng Pegunungan Muria Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ini patut direkomendasikan untuk wisatawan yang punya hobi fotografi.

Pijar Park berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe. Jarak Pijar Park dari pusat Kota Kudus sekitar 16 kilometer atau sekitar 28 menit jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Suasana di Pijar Park begitu adem. Lokasi yang searah menuju Makam Sunan Muria di Desa Colo Kecamatan Dawe itu menyajikan lebatnya pepohonan pinus dari lereng pegunungan.


Ada beberapa spot untuk bermain atau sekadar nongkrong di sini. Fasilitas di Pijar Park cukup lengkap. Mulai dari musala, tempat nongkrong, hingga resto yang menyajikan banyak menu makanan.

Ada yang menarik dan baru di Pijar Park, yakni jembatan pinus. Untuk ke jembatan pinus, wisatawan dikenakan tarif lagi sebesar Rp 5 ribu per orang. Di jembatan tersebut wisatawan bisa berfoto-foto dari atas pohon pinus.

Wahana wisata Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sabtu (24/9/2022).Wahana wisata Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sabtu (24/9/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

"Di sini di samping wisata kuliner, wisata hiburan juga ada. Spot yang baru kita ada jembatan pinus, jadi untuk pusat spot selfie di sini," kata Humas Pijar Park, Pujiharto, saat ditemui di lokasi, Sabtu (24/9/2022).

Tiket masuk ke Pijar Park Rp 10 ribu per orang. Sedangkan tiket ke jembatan pinus Rp 5 ribu per orang.

"Untuk akhir pekan itu sekitar 2.000-an wisatawan, ada dari Kudus, Pati, Jepara, Demak dan kota lain," ucapnya.

Salah satu wisatawan, Nadya (15), mengaku terpesona oleh keindahan panorama dari atas pepohonan pinus.

"Bagus, eksotik, bisa untuk healing juga. Tahu dari teman, sudah ke sini yang ketiga kali," kata Nadya asal Pati di lokasi.



Simak Video "Healing di Hutan Pinus Pijar Park yang Sejuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)