Film Rekomendasi Agustus 2022, Nasionalisme Gie Sang Demonstran

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 07 Agu 2022 06:36 WIB
Soe Hok Gie
Soe Hok Gie. Foto: Istimewa
Solo -

Perayaan HUT RI ke-77 merupakan momen untuk memupuk kembali semangat nasionalisme. Ada beragam caranya, salah satu yang sederhana yaitu dengan menonton film-film bertema perjuangan seperti Gie: Catatan Seorang Demonstran.

Meski banyak film baru yang diputar bulan ini, tak ada salahnya menonton lagi film biopik karya Mira Lesmana dan Riri Riza yang dirilis pada 2005 ini. Berikut ulasan Gie: Catatan Seorang Demonstran yang telah menyabet banyak penghargaan di tingkat nasional dan internasional.

Gie: Catatan Seorang Demonstran sukses mengilustrasikan pemikiran dan perjalanan hidup Gie yang ditulis dalam bukunya ke sebuah film komersial.


Nicholas Saputra yang memerankan Soe Hok Gie juga berhasil memikat perhatian penonton berkat kemampuan aktingnya. Mulai dari logat bicara Gie, pembawaannya yang pendiam dan dewasa, hingga cara berjalannya, semua dapat ditirukan Nicholas.

Film ini menceritakan kisah Gie sejak kecil hingga 'Sang Demonstran' itu menghembuskan nafas terakhir di Puncak Semeru pada 16 Desember 1969.

Sejak kecil Gie punya hobi yang berbeda dari teman sebayanya, yaitu membaca dan menulis. Kesukaan menekuni ilmu pengetahuan itu membentuk karakternya menjadi orang yang jujur, apa adanya, kritis dalam berpikir, serta berani dalam bersikap.

Setelah menempuh pendidikan tinggi, Gie juga mulai kritis terhadap pemerintahan Orde Lama. Ia menumpahkan kritiknya lewat tulisan-tulisan di koran hingga terjun langsung dalam aksi-aksi demonstrasi.

Berbagai masalah yang terjadi pada masa Orde Lama, dari kiris ekonomi yang melambungkan harga-harga sampai pada pengujung tragedi G30S, tak luput dari perhatian Gie.

Memasuki rezim Orde Baru, Gie masih kukuh pada pendiriannya sebagai manusia yang merdeka. Di saat satu per satu temannya masuk ke parlemen, Gie masih gigih menyerang segala perkara yang menurutnya salah.

Bukan berarti Gie tak menemui kendala dengan statusnya sebagai keturunan Tionghoa. Meski demikian, jiwa nasionalismenya tak pernah padam. Dalam film itu diceritakan etnis Tionghoa di Jakarta sempat dipersekusi militer karena dituding berkaitan dengan PKI.

Gie bahkan sempat dituduh bersengkokol dengan partai komunis tersebut. Namun Gie tetap teguh pada prinsipnya, yaitu menolak ketidakadilan dan menjunjung kesejahteraan hak-hak rakyat yang harusnya terpenuhi. Seperti semboyannya yang terkenal, "lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan".

Film Gie: Catatan Sang Demonstran bisa kamu saksikan lagi di sejumlah platform streaming seperti Netflix dan lain-lain. Selamat menonton.



Simak Video "Piring Kasih, Aksi Sosial Makan Gratis Bersama Warga Tak Mampu"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)