Simpang Lima Semarang: Sejarah, Wisata hingga Kulinernya

Simpang Lima Semarang: Sejarah, Wisata hingga Kulinernya

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 23 Jul 2022 03:01 WIB
Banjir di Simpang Lima Semarang, Selasa (23/2/2021).
Simpang Lima Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng
Semarang -

Simpang Lima Semarang merupakan kawasan sentra perdagangan dan kuliner di Kota Semarang, Jawa Tengah. Di Simpang Lima Semarang, kamu bisa menjumpai bermacam toko oleh-oleh jajanan khas Semarang. Pada malam hari, kamu juga bisa mencicipi beragam kuliner tradisional. Berikut ulasan komplet detikJateng tentang Simpang Lima Semarang, dari sejarah hingga kekiniannya.

Sejarah Simpang Lima Semarang

Tahukah kamu kalau pusat Kota Semarang pernah mengalami pergeseran? Di buku Kota Semarang dalam Kenangan karya Jongkie Tio (Sinar Indonesia, 2002) disebutkan pusat Kota Semarang pada 1965 mulai mengalami pergeseran dari daerah Aloon-aloon ke Selatan ke kaki bukit Candi.

Pergeseran pusat kota itu berawal ketika Presiden Sukarno mengatakan Kota Semarang harus mencari Aloon-aloon baru setelah yang lama tergusur oleh pesatnya pembangunan.


Dari hasil penelitian saat itu, Aloon-aloon baru itu paling cocok di daerah ujung Jalan Veteran (sekarang Jalan Gajahmada) ke arah kaki Bukit Candi. Sebab, wilayah itu masih luas dengan hamparan sawah-sawah dan hanya ada satu perempatan.

Singkat cerita, proyek itu mulai dikerjakan pada 1965-1969 dan diberi nama Simpang Lima Semarang. Sebab, pada perempatan lama itu bertambah satu jalan yang diberi nama Jalan KH Achmad Dahlan.

Lokasi Simpang Lima Semarang

Tidak sulit untuk menemukan Simpang Lima Semarang. Sebab, simpang lima berada di pusat Kota Semarang. Simpang Lima Semarang adalah pertemuan dari lima ujung jalan, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan.

Di tengah Simpang Lima Semarang itu terdapat Lapangan Pancasila atau Landmark Taman Simpanglima yang kini telah dipercantik sedemikian rupa.

Wisata Simpang Lima Semarang

Belum lama ini Pemerintah Kota Semarang merenovasi Landmark Lapangan Pancasila Simpanglima itu. Landmark Simpanglima Semarang itu telah dipercantik dengan penambahan bermacam jenis tanaman. Selain tanaman untuk penghijauan, landmark yang menjadi ikon wisata Kota Semarang itu juga ditanami berbagai tanaman hias.

Dikutip dari laman resmi Pemkot Semarang pada Jumat (22/7/2022), sarana dan prasarana di Landmark Simpanglima Semarang itu juga dibenahi dan ditingkatkan. Di antaranya seperti fasilitas lapangan olahraga untuk remaja, wahana permainan anak-anak, hingga lapangan untuk lansia.

Kuliner Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang bisa dibilang sebagai surganya pecinta kuliner. Dikutip dari laman visitjawatengah, di kawasan Simpang Lima Semarang kamu bisa menjumpai toko oleh-oleh yang menjual jajanan khas Semarang, seperti spikoe, lapis legit, dan tahu bakso.

Di Simpang Lima Semarang pada malam hari kamu juga dapat mencicipi beragam kuliner tradisional, seperti nasi pecel, tahu petis, nasi ayam, tahu gimbal, dan lain-lain.
Selain itu, kamu juga bisa menyewa kereta gowes hias atau sepeda tandem hias untuk mengelilingi Lapangan Pancasila atau Landmark Simpanglima Semarang.



Simak Video "Waspada! Awal dan Akhir Desember Pesisir Semarang Hadapi Puncak Pasang"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)