wara-wara

Dear Pendaki, Ayo Ikut Pendakian Maraton 7 Gunung di Jawa Tengah

Eko Susanto - detikJateng
Kamis, 16 Jun 2022 07:11 WIB
Konferensi pers kegiatan pendakian 7 Gunung 77 Bendera di Atria Hotel Magelang, Rabu (15/6/2022).
Konferensi pers kegiatan pendakian 7 Gunung 77 Bendera di Atria Hotel Magelang, Rabu (15/6/2022). Foto: Eko Susanto/detikjateng
Magelang -

Komunitas Pendaki Nafas Tua (Penat) Kedoe Raya akan mengadakan pendakian 7 gunung dan mengibarkan 77 bendera merah putih. Puncak acara akan dilaksanakan di Gunung Andong dengan membentangkan bendera merah putih raksasa ukuran 77 meter x 45 meter pada 17 Agustus 2022.

Pendakian 7 gunung dan pengibaran 77 bendera ini dilaksanakan bersamaan dengan momentum 77 tahun kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini dimulai pada 26 Juni sampai 17 Agustus 2022. Tujuh gunung yang dipilih semuanya berada wilayah Jawa Tengah.

Pendakian 7 gunung tersebut akan dimulai pada Minggu (26/6) di Gunung Prau via Wates dan Gunung Bismo via Silandak. Setelah itu, pendakian dilanjutkan pada Minggu (3/7) di Gunung Sindoro via Ndoroarum.


Selanjutnya, pada Minggu (17/7) akan dilakukan pendakian di Gunung Kembang via Nglengkong. Adapun pada Sabtu (30/7), pendakian dilakukan di Gunung Sumbing via Mangkukuhan. Kemudian, Minggu (7/8), pendakian dilakukan di Gunung Merbabu via Wekas.

"Puncak acara kita laksanakan pada 13-17 Agustus 2022 di Gunung Andong. Pada 13-16 Agustus ini ada bazar rakyat, sarasehan, dan pemberdayaan UMKM di lokasi Andong. Kami mengkhususkan acara terpusat di Basecamp Pendem," kata Koordinator Kegiatan 'Pendakian 7 Gunung, 77 Bendera', Catur S saat konferensi pers di Atria Hotel Magelang, Rabu (15/6/2022).

Catur mengatakan, pada puncak acara 17 Agustus 2022 akan dilakukan pembentangan bendera merah putih berukuran 77 x 45 meter di Jembatan Setan Gunung Andong.

"Bendera Merah Putih 77 bendera dari 7 gunung kita satukan di atas. Kita jejerkan, ditambah lagi dengan sebuah bendera raksasa dengan ukuran 77 x 45 meter. Nanti pembentangannya di Jembatan Setan yang bisa dilihat dari Basecamp Pendem," kata Catur.

"Nanti akan bisa dilihat rilisnya (peluncurannya) sesuai dengan hari kemerdekaan 17 Agustus tepat pada Detik-detik Proklamasi pukul 10.00 WIB. Nanti upacara ada di bawah," imbuh Catur.

Ketua Umum Kegiatan Pendakian 7 Gunung, Imam M, menjelaskan bahwa Komunitas Pendaki Nafas Tua ingin membuat satu sejarah monumental.

"Histori yang kita ingat sampai kapan pun. Di mana tahun ini, kebetulan tahunnya 77. Kita ingin memberikan pembelajaran buat pendaki-pendaki lain, termasuk yang masih muda atau rekan-rekan yang sudah masuk ke napas tua, untuk tetap cinta kepada bangsa ini," kata Imam.

Peserta pendakian ini tidak dibatasi usia. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai pendaki tua.

"Target umumnya sebagai bentuk kecintaan kita kepada negara ini di usianya yang ke-77 tahun. Target secara khusus, kita ingin mengangkat Magelang sebagai destinasi wisata, sebagai tempat belajar, dan sebagai tempat untuk bisa saling membuat silaturahim," pungkas Imam.



Simak Video "Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)