Pandemi Mereda, Kulon Progo Siapkan Event Wisata Internasional

Pandemi Mereda, Kulon Progo Siapkan Event Wisata Internasional

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Selasa, 07 Jun 2022 13:49 WIB
Intip Ekowisata Sungai Mudal, Kolam Alami Segar di Perbukitan Menoreh Kulon Progo
Ilustrasi. Ekowisata Sungai Mudal, kolam alami segar di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan menggelar sejumlah event wisata bertaraf internasional. Langkah ini ditempuh untuk menggaet turis asing berkunjung ke Kulon Progo seiring dengan meredanya pandemi COVID-19.

"Melihat bahwa pandemi sudah mulai reda, kami berupaya meningkatkan kunjungan wisata, tak hanya domestik tapi juga mancanegara, salah satunya dengan mengadakan berbagai event skala internasional," ucap Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito kepada wartawan, Selasa (7/6/2022).

Joko mengatakan event skala internasional itu bernama Menoreh Tourism Fest yang rencananya akan digelar pada September 2022. Acara ini merupakan bagian dari peringatan satu dasawarsa Keistimewaan Yogyakarta, di mana nantinya para wisatawan bakal diajak berkeliling dan mengenal lebih dekat tentang potensi wisata Kulon Progo.


"Dalam Menoreh Tourism Fest itu bakal ada kegiatan bertajuk Nglinggo Soul of The Mask, Romansa Pansela serta Menoleh ke Menoreh. Rencananya tamu yang kita undang adalah perwakilan kabupaten dan kota se-Jawa dan Bali," jelas Joko.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito.Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

Joko menjelaskan selain event internasional, pihaknya juga akan menggelar kegiatan wisata berskala lokal. Di antaranya fam trip difabel yang diselenggarakan pada Juni, penilaian desa wisata se-Kulon Progo pada Juli, kemudian ada pula lomba cerdas tangkas pariwisata pada bulan berikutnya.

"Selain itu, kami juga ada sepekan Bendung Khayangan untuk mengangkat nilai-nilai budaya lokal, serta Festival Pacak Sepuran yang akan ditata ulang dalam pelaksanaannya agar lebih baik dari tahun sebelumnya," terangnya.

Joko berharap pelbagai acara yang dipersiapkan oleh pihaknya ini bisa menarik kunjungan wisatawan di Kulon Progo. Dengan begitu Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor wisata yang dicanangkan tahun ini dapat mencapai target.

"Untuk PAD wisata 2022 kita sekitar Rp 5 miliar. Target dimungkinkan bisa bertambah bila situasi ke depan semakin membaik. Untuk sekarang capaian PAD kita sekitar 40 persen dari total target," jelasnya.

+++

Kamu punya kesan yang tak terlupakan saat mengunjungi Jawa Tengah dan DIY, jangan lewatkan untuk menyampaikannya di program Giveaway Serentak. Hadiahnya: uang tunai senilai total Rp 30 juta plus plus.

Segera gabung! Kamu hanya perlu menuliskan kesan-kesanmu itu di kolom komentar artikel ini.

Yuk, ajak juga teman-temanmu!



Simak Video "Kreatif! Raup Cuan Lewat Kerajinan dari Limbah Jagung"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ams)