Masih Gunakan Caretaker saat Lawan PSM Makassar, Persis Solo Terancam Denda

Masih Gunakan Caretaker saat Lawan PSM Makassar, Persis Solo Terancam Denda

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 17:05 WIB
Caretaker Persis Solo Rasiman (tengah), saat konfrensi pers di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/9/2022)
Caretaker Persis Solo Rasiman (tengah), saat konfrensi pers di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/9/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng
Solo -

Sosok pelatih Persis Solo yang baru masih menjadi misteri. Pasalnya, Caretaker Persis Solo, Rasiman, masih menahkodai Laskar Sambernyawa saat berhadapan dengan PSM Makassar, di Stadion Manahan Solo, Kamis (29/9/2022) sore.

Rasiman juga hadir dalam konferensi pers Persis Solo jelang laga melawan PSM Makassar, Rabu (28/9/2022).

Rasiman ditunjuk sebagai Caretaker Persis Solo setelah manajamen Persis memecat Jacksen F Tiago. Sebagai pelatih sementara Rasiman hanya bertugas selama 1 bulan dan seharusnya sudah selesai pada Selasa (20/9) pekan lalu. Meski begitu, manajemen Persis Solo sudah mengajukan penangguhan untuk kepelatihan.


MO Persis Solo, Bryan Barcelona, mengatakan pihaknya telah bersurat kepada PT Liga Indonesia Baru terkait permohonan penangguhan head coach. Penangguhan diajukan manajemen Laskar Sambernyawa selama dua pertandingan, yaitu saat melawan PSM Makassar pada Kamis (29/9) besok dan RANS Nusantara pada Kamis (6/10) pekan depan.

"Pelatih Kepala baru Persis Solo masih dalam proses administrasi imigrasi dan RECC. Sehingga kami menyampaikan permohonan penambahan periode Caretaker Coach selama 2 pertandingan," katanya.

Hal itu membuat Persis Solo terancam terkena denda karena menggunakan pelatih sementara melebihi batas waktu yang ditentukan. Namun, Persis Solo siap memenuhi tuntutan denda pelanggaran.

Rasiman juga mendapatkan dukungan dari manajemen Persis Solo agar mendapat lisensi AFC Pro sebagai syarat menjadi pelatih Liga 1.

Namun, PSSI terakhir kali menggelar Kursus Kepelatihan Lisensi AFC Pro pada 2020, sehingga beberapa sosok pelatih di Indonesia belum mendapatkan akses untuk meraih lisensi tertinggi guna melatih tim Liga 1.

Selama menangani Persis Solo, Rasiman memainkan 5 laga di Kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023 dengan hasil 2 kali menang, 2 kali kalah, dan 1 kali imbang.

Sebelumnya, Rasiman mengatakan para pemain bersaing ketat untuk memperebutkan tempat utama. Para pemain memperlihatkan peningkatan performa.

"Beberapa pemain juga sudah menemukan tempat yang seharusnya di dalam tim sehingga menimbulkan peningkatan ke arah positif," kata Rasiman.



Simak Video "4 orang Diamankan Terkait Kericuhan Suporter Persis Solo dengan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)