Festival Kuliner Kauman Diresmikan, Destinasi Baru Wisata di Semarang

Afzal Nur Iman - detikJateng
Sabtu, 16 Jul 2022 07:38 WIB
Suasana pembukaan Festival Kuliner Kauman di Aloon-aloon Semarang, Jumat (15/7/2022) malam.
Suasana pembukaan Festival Kuliner Kauman di Aloon-aloon Semarang, Jumat (15/7/2022) malam. Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng
Semarang -

Festival Kuliner Kauman di Aloon-aloon Semarang resmi dibuka oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Jumat (15/7) malam. Sebagai destinasi wisata kuliner baru di Semarang, Festival Kuliner Kauman di Aloon-aloon depan Masjid Agung Semarang ini akan buka tiap Jumat-Minggu pada pukul 16.00-22.00 WIB.

Acara dibuka sekitar pukul 20.30 WIB dengan membunyikan sirine yang disusul dengan letusan kembang api. Banyaknya peserta yang hadir dalam peresmian Festival Kuliner Kauman itu membuat Aloon-aloon Semarang tampak seperti lautan manusia.

"Acaranya menurut saya keren. Dari sebuah bangunan yang tadinya tidak begitu ramai, tapi ada cerita sejarah tentang alun-alun, kemudian hari ini dikembangkan secara bersama-sama, terutama oleh pengurus Masjid Agung Semarang jadi Kuliner Kauman," kata Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi usai membuka acara tersebut, Jumat (15/7/2022).


Acara peresmian Festival Kuliner Kauman itu dimeriahkan dengan pertunjukan kasidah dan seni barongsai. Warga yang sudah berdatangan sejak sore terlihat antusias menyaksikan pertunjukan tersebut. Mereka memadati sekitar panggung utama dan area pertunjukan barongsai.

Ke depannya, Festival Kuliner Kauman di Aloon-aloon Semarang itu diselenggarakan rutin tiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Selama tiga hari itu, festival kuliner tersebut buka dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Puluhan lapak makanan sudah tersedia di sana. Selain menawarkan menu makanan dan minuman modern, ada juga lapak yang menyajikan hidangan tradisional yang kini sudah sulit ditemui.

"Semuanya komplit. Saya beli ada sate kere, ada nasi glewo, nasi krawu. Kita menemukan makanan-makanan yang zaman dulu ada tapi sekarang sudah sangat jarang menikmatinya di sini," kata Hendi.

Festival Kuliner Kauman ini pun menambah daftar pariwisata kuliner di Semarang. Selain Kuliner Kauman, di Semarang juga ada Kopi Semawis di area pecinan atau di Jalan Benteng.

"Tadi saya ketemu temen swasta, antara Kopi Semawis dengan Kuliner Kauman ternyata disambungkan ruas Jalan Kanjengan. Saya rasa ruas Kanjengan itu bisa jadi buffer-nya," ujar Hendi.



Simak Video "Berburu Kuliner Nusantara di Passer Legende PIM"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)