Mengintip Kuliner Daging Kambing di Eropa, dari Inggris hingga Prancis

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 10 Jul 2022 17:50 WIB
ilustrasi daging kambing
Ilustrasi daging kambing. Foto: thinkstock
Solo -

Dalam hal memasak sate, gulai, tongseng, hingga tengkleng, kita adalah pakarnya. Tapi pernahkah Anda mencoba membuat sajian pie daging kambing atau domba khas Inggris atau Le gigot d'adneau ala Prancis?

Di edisi akhir pekan yang bertepatan dengan momen hari raya Idul Adha ini, Minggu (10/72022), detikJateng akan mengajak pembaca mengenal olahan daging kambing di Eropa, dari Inggris dan Prancis. Langsung saja, berikut daftarnya.

1. Sheperd's Pie khas Inggris

Di Indonesia, pie atau pai yang kita kenal berupa kue yang berisi agar-agar, krim, irisan bermacam buah, dan lain-lain. Tapi di Eropa, terutama di Inggris, ada pai yang terbuat dari daging domba! Kok bisa? Begini ceritanya.


Dikutip dari detikFood, Sheperd's Pie dikenal sejak abad ke-18. Di Eropa, pai ini kondang juga disebut cottage pie alias pie dusun. Sebab, sesuai namanya, pai ini awalnya dibuat oleh para penggembala (sheperd) yang bermukim di dusun.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan daging domba secukupnya lalu dicincang dan diolah menjadi kaserol. Kaserol adalah olahan yang dikukus atau dipanggang dan disajikan dalam piring besar. Tambahkan sayuran seperti seledri, wortel, kentang, buncis atau kacang polong.

Setelah daging domba cincang itu dimasak dengan susu segar, tambahkan bumbu saus BBQ, saus tomat, merica hitam dan garam lalu dimasak hingga kental. Kalau sudah matang, taruh daging cincang bersaus kental merah kecokelatan ini di wadah tahan panas.

Selanjutnya, siapkan pembungkus daging cincang itu dari lapisan kentang yang dihaluskan (mashed) dan dicampur dengan mentega dan susu. Langkah terakhir, panggang pai hingga kuning kecokelatan. Selesai. Sajikan dalam kondisi hangat, bisa di wadah besar atau dicetak dalam mangkuk-mangkuk kecil.

Isian pai ini juga bisa menggunakan daging sapi. Sedangkan kulit pai dapat dubuat dari adonan tepung terigu, air es, dan telur. Sama saja, rasanya tetap gurih menggoyang lidah.

Tentang Le Gigot D'Agneau Pascal khas Prancis, simak di halaman berikutnya...