Hunkar Begendi, Stew Daging Kambing Kegemaran Sultan Turki

Dinda Leo Listy - detikJateng
Minggu, 10 Jul 2022 15:43 WIB
Irish stew, made with lamb, stout, potatoes, carrots and herbs.
Bahan stew daging kambing muda. Foto: iStock
Solo -

Selamat hari raya Idul Adha. Masak apa hari ini? Mumpung stok daging kambing masih banyak, mari mencoba menu yang beda. Kali ini detikJateng mengajak Anda mengenal Hunkar begendi alias stew daging kambing muda kegemaran sultan, kuliner khas Turki. Berikut resep dan cara memasaknya.

Di Eropa, Hunkar begendi disebut Sultan's Delight Stew alias stew kegemaran sultan. Stew sekilas mirip dengan sup, tapi cara memasaknya lebih rumit dan lama. Stew adalah daging yang dimasak secara perlahan dalam wajan tertutup dengan sedikit cairan. Lebih jelasnya, simak cara memasaknya di halaman berikutnya.

Di Turki, Hunkar begendi adalah stew daging kambing muda yang disajikan di atas saus bechamel terong. Bechamel adalah saus putih beraroma kuat dari susu yang diramu dengan rempah dan bumbu.


Menurut food blogger Caroline Williams dalam laman Curious Cuisiniere, Hunkar begendi ini cocok untuk keluarga kerajaan dan sangat menghibur.

Tentang Hunkar begendi

Dalam artikelnya, Caroline mengatakan ada beberapa versi tentang awal mula makanan ini disebut Hunkar begendi alias stew kegemaran sultan. Kisah yang populer, menu ini pernah disajikan untuk Permaisuri Eugienie, istri Napoleon III, saat berkunjung ke Kesultanan Turki.

Namun, cerita yang beredar secara umum menyebut Hunkar begendi memang menu favorit Sultan Turki pada masa Kekaisaran Utsmaniyah atau Ottoman.

1. Bahan Stew Kambing

Hunkar begendi biasanya dibuat dari daging kaki kambing muda. Dikutip dari buku 'Middle Eastern Cookbook' terbitan BookSumo Press, berikut bahan membuat stew daging kambing ala Turki untuk ukuran enam porsi.

  1. Satu bawang bombay diiris-iris
  2. Satu sendok makan minyak sayur
  3. ¼ kilogram daging kambing muda
  4. Dua suing bawang putih dicincang
  5. ½ kilogram tomat, dikupas dan dicincang
  6. Satu sendok teh gula

2. Bahan Saus Bechamel Terong

  1. ½ kilogram terong
  2. Dua sendok makan jus lemon
  3. Empat sendok makan mentega
  4. Dua sendok makan tepung serbaguna
  5. Dua cangkir susu panas
  6. ¼ sendok teh pala yang diparut
  7. ½ cangkir keju kaserri (jenis agak keras) yang diparut.

3. Memasak Stew Kambing

  1. Siapkan panci besar di atas kompor dengan api sedang. Panaskan minyak di dalamnya. Tambahkan irisan satu bawang Bombay dan masak selama 3 menit.
  2. Masukkan ¼ kilogram daging kambing yang sudah dipotong dadu. Aduk daging dan masak selama 6 menit. Tambahkan dua siung bawang putih yang sudah dicincang, aduk dan masak selama 40 detik.
  3. Tambahkan adonan ½ kilogram tomat yang telah dikupas dan dicincang dengan tambahan 1 sendok gula, sedikit garam dan merica.
  4. Tuangkan air secukupnya, lalu tutup pancinya dan biarkan masak selama 1 jam 25 menit. Tambahkan air lagi jika perlu.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]