Hiii! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Kandang Ayam Pundong Bantul

Hiii! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Kandang Ayam Pundong Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Senin, 14 Nov 2022 11:47 WIB
Petugas Damkarmat BPBD Bantul mengevakuasi ular sanca kembang di Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Senin (14/11/2022).
Petugas Damkarmat BPBD Bantul mengevakuasi ular sanca kembang di Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Senin (14/11/2022). Foto: dok. BPBD Kabupaten Bantul
Bantul -

Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengevakuasi seekor ular sanca kembang di Pundong, Bantul, DIY. Ular yang panjangnya lebih dari 3 meter itu bersembunyi di kandang ayam warga.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD Bantul, Irawan Kurnianto menjelaskan kejadian berawal saat pemilik rumah yakni Sarnyata, warga Pedukuhan Tangkil, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, mendengar ayam dari kandang berkokok keras sekitar pukul 03.00 WIB. Sarnyata lalu mengecek kandang ayamnya.

"Setelah dicek ternyata ada ular di sekitar kandang ayam tersebut," kata Irawan saat dihubungi detikJateng, Senin (14/11/2022).


Sarnyata kemudian melapor ke Damkarmat Bantul sekitar pukul 06.00 WIB. "Sampai lokasi kita langsung evakuasi. Evakuasi tidak lama tadi, karena ular sanca kembang ini tidak agresif," ujarnya.

Irawan menyebut, ular itu belum sempat memangsa ayam warga. "Panjang ulang lebih dari tiga meter, sementara masih diamankan rekan Damkar BPBD," ucapnya.

Irawan menjelaskan, adanya ular yang muncul di pemukiman warga karena saat musim penghujan merupakan saat bagi beberapa jenis ular menetaskan telurnya. Terlebih jika intensitas hujannya tinggi, banyak ular keluar sarang untuk mencari lokasi yang lebih kering.

"Untuk itu masyarakat diimbau selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang ular," ujarnya.

"Kalau masyarakat menemukan ular atau satwa liar yang berbahaya segera menghubungi petugas damkar BPBD Bantul di nomor 0274-6462100 atau melalui call center 112," imbuh dia.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)