15 Ekor Kambing di Panggang Gunungkidul Mati, Diduga Diterkam Anjing Liar

15 Ekor Kambing di Panggang Gunungkidul Mati, Diduga Diterkam Anjing Liar

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 17:20 WIB
Lima kambing mati misterius di Banyuwangi pada Minggu (30/5). Kini, polisi melakukan penyelidikan terkait matinya hewan ternak warga tersebut.
Lima kambing mati misterius di Banyuwangi pada Minggu (30/5). Ilustrasi. (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Gunungkidul -

Serangan hewan liar kembali terjadi di Kalurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul membuat 15 ekor kambing milik warga mati selama sepekan terakhir. Warga berhasil menembak satu ekor anjing yang kedapatan tengah mengoyak kambing.

Lurah Girimulyo Sunu Raharjo mengatakan kejadian berawal saat ada laporan warga Pedukuhan Legundi, Girimulyo, Panggang yang mendapati 5 ekor ternaknya mati pada hari Jumat (23/9). Sebelum kejadian, warga mengaku mendengar gonggongan anjing.

"Jadi paginya (dini hari) kok ada anjing menggonggong dan saat warga mau ke ladang melihat 5 ekor kambingnya mati dimakan anjing," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (28/9/2022).


Tak berhenti di situ, hari Minggu (25/9) terjadi lagi serangan serupa dan 3 ekor kambing milik warga Pedukuhan Legundi mati. Bahkan, hari Senin (26/9) ada 7 ekor kambing yang mati akibat menjadi sasaran serangan tersebut.

"Sehingga total ada 15 ekor hewan ternak yang mati sejak hari Jumat sampai saat ini," ucapnya.

Sunu menjelaskan lokasi kandang ternak milik warga di Legundi berada jauh dari permukiman. Sehingga warga tidak bisa mengontrol secara penuh kondisi ternaknya.

"Kandangnya ternak itu di tengah ladang, jadi tidak terdengar kalau ada gonggongan anjing," katanya.

Oleh sebab itu, para pemuda melakukan siskamling dan berupaya memancing anjing liar yang menyerang hewan ternak tersebut. Hal tersebut membuahkan hasil dengan menembak satu ekor anjing saat berupaya mengoyak daging hewan ternak.

"Karena itu malamnya pemuda ronda, dan mancing agar anjing itu muncul dengan sisa daging diberi obat dan ditunggu. Ternyata ada anjing yang kembali dan ditembak itu tadi, ada satu ekor anjing yang meninggal," ucapnya.

"Kalau anjingnya itu anjing biasa ya, karena kalau membedakan itu (anjing) liar atau bukan ya sulit," lanjut Sunu.

Menurutnya, kejadian serupa bukan kali pertama terjadi di Girimulyo. Mengingat beberapa tahun lalu ada beberapa kambing yang mati akibat serangan hewan liar, namun kondisinya berbeda dengan serangan tahun ini.

Berkaca dari hal tersebut, Sunu menyebut saat ini warga semakin menggencarkan kegiatan siskamling. "Upayanya ya hanya meningkatkan ronda, dan kalau bisa ternak milik warga dibawa ke rumah," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Panggang AKP Ahmad Fauzi mengatakan, bahwa kambing-kambing yang mati diduga karena menjadi korban serangan anjing liar. Menurutnya, hampir semua kambing hanya dimakan organ bagian dalamnya dan ditinggalkan begitu saja di sekitar lokasi kejadian.

"Terkait adanya kejadian tersebut kami melalui Bhabinkamtibmas dibantu Babinsa dan warga melakukan ronda dan siskamling di lingkungan peternakan warga," ucapnya.



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/apl)