Mayat Bayi Ditemukan di Pantai Parangkusumo Bantul

Mayat Bayi Ditemukan di Pantai Parangkusumo Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 11:06 WIB
Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi penemuan mayat bayi (dok detikcom)
Bantul -

Sesosok mayat bayi ditemukan di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul. Orok laki-laki ini diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry menjelaskan mayat bayi itu pertama kali diketahui oleh seorang driver ojek online (ojol) yang tengah refreshing di Pantai Parangkusumo.

"Setelah memarkir kendaraannya saksi jalan-jalan di pantai dan saat lewat di sisi timur Parangkusumo melihat benda tergeletak di pinggir pantai. Ketika dicek, benda tersebut ternyata orok bayi," kata Jeffry kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).


Mendapati hal tersebut, driver ojol langsung memberitahu warga sekitar. Hal tersebut berlanjut dengan laporan ke Polsek Kretek dan petugas medis.

"Sampai di lokasi, polisi langsung memasang garis polisi dan menghubungi tim identifikasi Polres Bantul dan tim medis Puskesmas Kretek," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, petugas medis Puskesmas Kretek menyebut bayi tersebut baru berusia lima bulan dalam kandungan. Selain itu bayi tersebut lahir beberapa jam sebelum penemuan.

"Dari keterangan petugas medis, orok bayi berjenis kelamin laki-laki, dan untuk umur orok dalam kandungan sekitar 5 bulan. Sedangkan panjang orok 26 centimeter, berat badan sekitar 500 gram," jelasnya.

"Dan menurut perkiraan orok bayi itu dilahirkan sekitar 3 jam sebelum diketemukan, atau sekitar pukul 02.00 WIB," lanjut Jeffry.

Setelah pemeriksaan awal, selanjutnya polisi membawakan mayat bayi tersebut ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY untuk ditindaklanjuti. Polisi juga saat ini masih melakukan penyelidikan terkait siapa pembuang bayi tersebut.



Simak Video "Mayat Bayi Perempuan Ditemukan Mengambang di Selokan Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)