WHO Sebut Akhir Pandemi di Depan Mata, Pakar UGM: Tetap Siapkan Mitigasi

WHO Sebut Akhir Pandemi di Depan Mata, Pakar UGM: Tetap Siapkan Mitigasi

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Selasa, 20 Sep 2022 14:26 WIB
Ova Emilia
Rektor UGM Prof Ova Emilia. (Foto: Instagram: @ovaemi)
Sleman -

WHO menyebut akhir pandemi COVID-19 sudah di depan mata. Kendati demikian, guru besar bidang pendidikan kedokteran sekaligus Rektor UGM Ova Emilia meminta masyarakat tetap waspada.

"Perlu ada surveilans monitoring lapangan secara terus-menerus untuk melihat dinamika, penularan, dan dinamika yang muncul (atau) hilangnya suatu penyakit itu yang akan memberikan, membuat kebijakan pemerintah," kata Ova ditemui di Sinduadi, Mlati, Sleman, Selasa (20/9/2022).

Ova menjelaskan, definisi pandemi, endemi, itu dilihat dari cakupannya. Artinya seberapa luas wilayah yang terpapar suatu penyakit. Dalam kasus COVID-19 ini masing-masing wilayah mempunyai ciri khasnya sendiri.


"Jadi kalau WHO sudah menyampaikan seperti itu artinya itu kan sudah ada perhitungannya," jelasnya.

"Kalau di Indonesia sudah semakin berkurang dan daya tahan adanya vaksinasi itu terbukti sangat baik. Angka kematian pada orang yang sudah vaksin, resiko kematian kecil," imbuhnya.

Dengan kondisi ini, masyarakat di Indonesia sudah mulai bisa berkegiatan di luar ruang meski masih harus menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

"Jadi sudah bukan pandemi lagi, sudah mulai berkurang post-pandemi ya, bagaimana ada fasenya," ucapnya.

Namun, Ova mengingatkan mitigasi tetap harus dilakukan untuk mencegah merebaknya Corona. Hal itu berkaca dari kasus polio yang terjadi di Amerika. Oleh karena itu, Ova meminta agar masyarakat tidak menyepelekan pandemi ini.

"Saya memberi contoh sesuatu yang sudah tidak lagi menjadi pandemi atau suatu wabah. Polio, di Amerika tiba-tiba ada polio lagi. Itu karena adanya kejadian-kejadian kita tidak mitigasi atau melihat itu sebagai hal yang mengancam. Sehingga orang lengah," kata dia.

Simak pernyataan WHO soal pandemi COVID-19 di halaman selanjutnya...