Selamat! Indonesia Raih Juara Umum Parabadminton International 2022

Selamat! Indonesia Raih Juara Umum Parabadminton International 2022

Heri Susanto - detikJateng
Sabtu, 27 Agu 2022 20:31 WIB
Tuan rumah Indonesia mendominasi Juara di FOX’S Indonesia Para Badminton 2022 yang digelar di GOR Among Rogo, Minggu (27/8/2022).
Tuan rumah Indonesia mendominasi Juara di FOX'S Indonesia Para Badminton 2022 yang digelar di GOR Among Rogo, Minggu (27/8/2022). (Foto: Heri Susanto/detikJateng)
Yogyakarta -

Skuad parabadminton Merah Putih sukses merebut gelar juara umum FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022.

Bertanding di babak pamungkas yang digelar di GOR Among Rogo, Jogja, Sabtu (27/8), atlet-atlet parabulutangkis Indonesia berhasil menyabet 17 gelar juara dari 18 kategori pertandingan.

"Seperti kita tahu ada beberapa negara yang membatalkan kejuaraan. Sehingga kejuaraan ini menjadi pelampiasan bagi para atlet yang ingin menunjukkan kemampuannya di atas lapangan yang nantinya dapat melahirkan prestasi lebih tinggi lagi," kata Ketua National Paralympic Committee of Indonesia Senny Marbun dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/8/2022).


Senny mengatakan, kesuksesan para atlet bisa mencapai target juara umum di kejuaraan ini merupakan bukti besarnya kualitas dan bakat yang mereka miliki para atlet.

"Kemenangan atlet-atlet menjadi juara umum di ajang FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 ini merupakan karunia Tuhan yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung terselenggaranya acara ini," kata Senny.

Pasangan ganda campuran SH 6, Subhan/Rina Marlina membuka kemenangan Indonesia. Mereka sukses mengalahkan ganda Peru-Polandia Hector Jesus Salva Tunque /Oliwia Szmigiel usai tampil dominan dengan skor telak 21-2, 21-3.

"Kami memahami permainan mereka. Sebelumnya saya juga sudah pernah bertemu dengan Hector Jesus ketika tanding di partai single saat kejuaraan di Dubai kemarin, sehingga saya lebih percaya diri waktu bertanding tadi," ujar Subhan.

Kemenangan di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 itu melanjutkan rangkaian kesuksesan mereka sejak kejuaraan di Dubai beberapa waktu lalu dan berlanjut dengan raihan emas di ASEAN Para Games 2022.

Di nomor tunggal putri SH 6, Rina Marlina juga menjadi kampiun usai mengalahkan Daria Bujnicka asal Polandia dengan skor 21-8 dan 21-9. Sedangkan Subhan juga menjadi juara di nomor tunggal putra usai mengalahkan Hector Jesus.

Medali emas juga dipersembahkan dari kelas kursi roda ganda putra WH 1-WH 2. Pasangan Supriadi/Agung Widodo meraih emas setelah menumbangkan
Jit Thye Chew/Hong Tsin Chung (Malaysia). Sedangkan medali dari sektor tunggal putra WH 2 berkat kemenangan Wiwin Andri di all Indonesian final dengan mengalahkan Supriadi.

"Supriadi adalah lawan terberat saya. Di Papua kemarin sempat ketemu juga dan sekarang ketemu lagi di sini. Kesulitannya kan kita sudah mengenal dan latihan bareng jadi programnya sama. Selain itu dia juga bisa membaca kelebihan dan kekurangan kita. Nah menyikapinya tinggal gimana kita bisa bermain dengan diri sendiri aja," kata Wiwin.

Ia optimistis kemenangan di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 menjadi modal penting menatap kejuaraan dunia di Jepang beberapa bulan mendatang.

"Mudah-mudahan bisa ke Jepang ikut kejuaraan dunia, semoga bisa mengharumkan nama Indonesia lagi," kata Wiwin.

Group Brand Head PT Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela, mengucapkan selamat kepada para atlet atas kesuksesan menjadi kampiun di tengah arena.

"Selamat kepada para atlet yang telah membuktikan perjuangan mereka demi mengharumkan nama Ibu Pertiwi di gelanggang olahraga. Kami berharap kilauan-kilauan prestasi yang muncul dalam kejuaraan ini dapat semakin mengasah kemampuan dan potensi diri sehingga terus membanggakan Indonesia," katanya.

Simak daftar pemenang di halaman selanjutnya..



Simak Video "2 Perwira Polisi yang Terlibat Pengeroyokan di Holywings Jogja Terancam Dipecat "
[Gambas:Video 20detik]