Rayakan HUT RI, Warga Ponjong Gunungkidul Gelar Fashion Show di Tengah Sawah

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 19:12 WIB
Suasana fashion show di tengah sawah untuk merayakan HUT ke-77 RI di Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (17/8/2022).
Suasana fashion show di tengah sawah untuk merayakan HUT ke-77 RI di Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (17/8/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Gunungkidul -

Puluhan warga Kalurahan Ponjong, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul merayakan HUT ke-77 RI dengan menggelar fashion show di tengah persawahan. Fashion show itu untuk menampilkan karya desainer lokal dan mengembangkan potensi persawahan untuk kegiatan tertentu.

Lurah Ponjong Arif Al Fauzi mengatakan ide fashion show di tengah persawahan ini muncul karena melihat banyaknya lahan di Ponjong. Apalagi pemandangan persawahan di Ponjong sangat memanjakan mata.

"Ada 70 peserta yang meramaikan Ponjong Fashion Week. Mereka yang ikut itu terbagi atas beberapa kategori, antara lain anak-anak, remaja dan dewasa," katanya kepada wartawan di Ponjong, Gunungkidul, Rabu (17/8/2022).


Tak hanya itu, penampilan puluhan model tersebut menjalani penilaian dari tim juri yang ahli di bidangnya. Sedangkan jalur peragaan busana itu berada di tengah sawah yang ditanda dengan karpet merah.

"Jalur fashion show juga dilengkapi dengan atribut bendera merah-putih dan pernak-pernik lainnya," ucapnya.

Arif juga mengungkapkan tujuan dari fashion show unik tersebut untuk mengembangkan potensi persawahan di Ponjong yang terkenal sebagai lumbung padi di Gunungkidul. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk memamerkan karya desainer lokal.

"Banyak desainer lokal yang dilibatkan dengan tujuan bisa memamerkan karya mereka, model-model juga ada yang pakai pakaian hasil karyanya sendiri," ujarnya.

"Selain itu, kami juha ingin mengembangkan potensi lahan sawah di sini (Ponjong) untuk wisata. Apalagi tampaknya baru kali ini ada fashion show di tengah sawah," lanjut Arif.

Sementara itu, salah satu peserta fashion show, Endah Subekti Kuntariningsih mengaku fashion show di tengah sawah ini terbilang unik. Endah yang juga Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul ini menilai kegiatan serupa harus mendapat dukungan agar minat dan bakat generasi muda di bidang fashion tersalurkan.

"Saya harap kegiatan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk unjuk bakat. Apalagi karya desainer lokal Gunungkidul itu tidak kalah kualitasnya," katanya.



Simak Video "Aksi Emak-emak Fashion Show di Jalan Rayakan HUT ke-77 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)