HUT RI Bagai 'Lebaran Kecil' di Karangtengah Wonogiri, Banyak Perantau Mudik

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 17:50 WIB
Warga Karangtengah Wonogiri memadati acara HUT ke-77 RI di kawasan Kantor Kecamatan Karangtengah, Rabu (17/8/2022).
Warga Karangtengah Wonogiri memadati acara HUT ke-77 RI di kawasan Kantor Kecamatan Karangtengah, Rabu (17/8/2022). (Foto: Muhammad Aris Munandar/detikJateng)
Wonogiri -

Ribuan warga Kecamatan Karangtengah memeriahkan HUT ke-77 RI dengan sejumlah agenda yang digelar. Ratusan pedagang memadati jalan utama dan para perantauan turut pulang ke kampung halaman.

"Menurut pendahulu saya, memang saat momentum 17 Agutus itu banyak kegiatan, semarak dan ramai. Hanya tidak ada saat pandemi kemarin (2020-2021)," kata Ketua Panitia Kegiatan HUT ke-77 RI Karangtengah, Maryono kepada detikJateng, Rabu (17/8).

Ia mengatakan saat momentum peringatan 17 Agustus kali ini, ada sekitar 5.000 orang yang hadir di kawasan Kantor Kecamatan Karangtengah untuk mengikuti kegiatan yang diadakan. Hampir semua penghuni rumah di Karangtengah menikmati hiburan. Acara digelar selama tiga hari, mulai 16-18 Agustus.


"Kemarin malam itu tirakatan. Ini tadi upacara dilanjutkan pentas seni dan budaya, campursari dan lain-lain. Nanti malam wayangan sampai jam 01.00 WIB. Besok karnaval kebudayaan atau kebangsaan," ungkap dia.

Maryono menuturkan, kegiatan atau panggung utama berada di Pendapa Kecamatan. Namun para pedagang yang berjualan berlokasi di sepanjang jalan utama, baik sisi kanan maupun kiri. Pantuan detikJateng, kendaraan tidak diperkenankan melaju di jalan yang digunakan berdagang karena banyaknya pengunjung. Sehingga ada pengalihan arus lalu lintas.

Menurutnya, ada sekitar 100 pedagang yang berjualan, baik kuliner, mainan dan lain-lain di acara ini. Pedagang tidak hanya dari Karangtengah, tetapi juga berasal dari Wonogiri Kota, Solo dan Pacitan. Persewaan lapak dan parkir diserahkan ke karang taruna.

"Ini bisa dikatakan Lebarannya orang Karangtengah. Tumpek blek (pecah), orang perantauan (Jabodetabek) itu kalau hari raya (Idul Fitri) belum tentu pulang. Tapi kalau 17-an seperti ini justru pulang, luar biasa. Tadi pagi saja saat upacara sudah banyak yang memadati lapangan kemudian bergeser ke sini," kata Maryono.

Camat Karangtengah Tri Wiyatmoko mengatakan momen HUT ke-77 RI tahun ini sebagai momen membangkitkan ekonomi. Saat pandemi ekonomi di Karangtengah menurun. Sehingga hal itu sesuai dengan tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'.

"Untuk anggaran dari Pemerintah Kecamatan diambilkan dari APBD berubahan sebesar Rp 15 juta. Namun masih ada donatur lain yang turut berpartisipasi dalam acara kali ini," kata Camat.

Diketahui, Karangtengah merupakan kecamatan di Wonogiri yang berada di ujung tenggara wilayah Wonogiri. Lokasinya berbatasan langsung dengan Pacitan Jawa Timur. Geografisnya berupa dataran tinggi dan berada di ketinggian lebih dari 600 meter. Jarak dari pusat Kota Wonogiri sekitar 65 kilometer.

Warga Karangtengah Wonogiri memadati acara HUT ke-77 RI di kawasan Kantor Kecamatan Karangtengah, Rabu (17/8/2022).Warga Karangtengah Wonogiri memadati acara HUT ke-77 RI di kawasan Kantor Kecamatan Karangtengah, Rabu (17/8/2022). Foto: Muhammad Aris Munandar/detikJateng


Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)