Kerangka Manusia Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Gua Tritis Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 11:08 WIB
Suasana di Gua Tritis, Gunungkidul.
Suasana di Gua Tritis, Gunungkidul. Foto: Dok Dinas Kebudayaan Gunungkidul
Gunungkidul -

Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Gunungkidul melakukan serangkaian penelitian dan ekskavasi di Gua Tritis, Pedukuhan Semampir, Kalurahan Semugih, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Hasilnya, para peneliti menemukan artefak kerangka manusia yang diduga berumur ribuan tahun.

Penyiap Naskah Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Disbud Gunungkidul Ari Kristian menjelaskan, pihaknya telah melakukan ekskavasi atau penggalian di Gua Tritis sejak beberapa waktu lalu. Penggalian itu, kata Ari, dilakukan sedalam sekitar lima meter.

"Hasilnya ditemukan banyak artefak, salah satunya kerangka manusia," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (16/8/2022).


Menurut Ari, kerangka itu sudah berusia ribuan tahun. Dugaan itu muncul setelah pihaknya melakukan penelitian berupa carbon dating test.

Perlu diketahui, carbon dating analysis atau analisis C 14 adalah salah satu cara dalam menentukan pertanggalan atau umur secara mutlak suatu tinggalan arkeologis dengan cara menghitung sisa karbon (C 14) pada artefak.

"Dari penelitian carbon dating test diketahui kerangka manusia usianya sekitar 2.000 sampai 4.500 tahun yang lalu," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Disbud Gunungkidul Agus Mantara Mengaku telah melakukan koordinasi untuk melakukan kajian terkait penemuan artefak kerangka manusia di gua Tritis. Agus menilai, kajian tersebut penting karena menyangkut ilmu pengetahuan sejarah masa lalu di Gunungkidul.

"Apalagi jika dirunut dari zaman prasejarah Gunungkidul itu sudah dihuni sejak ribuan tahun lalu. Untuk sisi peninggalan juga lengkap karena dari mulai prasejarah hingga kemerdekaan tersebar di berbagai wilayah di Gunungkidul," ujarnya.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)