7 Ruang SDN Delegan 1 Sleman Hangus Terbakar, Disdik: KBM Tak Terganggu

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 16:14 WIB
Puing-puing bangunan bekas kebakaran di SDN Delegan 1 Prambanan, Sleman, Rabu (10/8/2022).
Puing-puing bangunan bekas kebakaran di SDN Delegan 1 Prambanan, Sleman, Rabu (10/8/2022). (Foto: dok Pemkab Sleman)
Sleman -

Kebakaran menghanguskan tujuh ruangan di SDN Delegan 1, Prambanan, Kabupaten Sleman, Selasa (9/8) malam. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman menyiapkan skenario pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa.

"Adanya musibah kebakaran di SDN Delegan 1 ini, terkait dengan proses pembelajaran bagi anak-anak, kami jamin tidak terganggu," kata Kepala Disdik Sleman Ery Widaryana saat dihubungi wartawan, Rabu (10/8/2022).

Ery menjelaskan di sekolah tersebut masih memiliki tiga ruang kelas yang tidak dilalap si jago merah. Ditambah ada satu pendopo yang masih utuh. Sementara ini pihaknya akan menerapkan skenario dengan shift.


"Tiga ruang kelas yang tidak kena itu bisa dimanfaatkan dengan memberlakukan shift. Selain itu, ada alternatif lain juga dengan mendirikan tenda darurat. Sementara jika disepakati tiga shift, maka kita bisa memanfaatkan itu. Tetapi yang terpenting proses KBM tetap harus berjalan," ujarnya.

Siswa Belajar Daring hingga Sabtu

Untuk sementara, sebanyak 164 siswa di SDN Delegan 1 melakukan kegiatan belajar secara daring hingga Sabtu mendatang.

"Belajar daring sampai hari Sabtu, sambil menata sempurna. Jumlah siswa siswinya sendiri 164," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan pemerintah akan segera memberikan bantuan kepada SDN Delegan 1. Bantuan diberikan setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh sehingga dapat diketahui jumlah kerugian akibat musibah kebakaran tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini. Sementara ini kegiatan belajar mengajar juga masih bisa dilakukan di beberapa ruangan yang masih bisa digunakan. Ada beberapa ruangan dengan sistem belajar secara bergantian pagi dan siang," kata Kustini.

Diketahui, SDN Delegan 1 Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Sleman, terbakar pada Selasa (9/8) sekira pukul 19.15 WIB. Dilaporkan tujuh ruangan hangus terbakar. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 500 juta.

"Kerusakan tujuh ruang terbakar antara lain ruang kelas II, kelas III, kelas VI, ruang kantor guru, ruang lab, dan ruang kosong. Alat elektronik komputer, LCD Proyektor, TV juga ikut terbakar," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Bambang Kuntoro saat dihubungi wartawan, Selasa (9/8) malam.



Simak Video "3 Anggota Keluarga Tewas Akibat Kebakaran Rumah di Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)