Kebakaran Hanguskan Gedung SD di Prambanan Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Selasa, 09 Agu 2022 21:55 WIB
Poster
Ilustrasi kebakaran. Foto: Edi Wahyono
Sleman -

Kebakaran besar terjadi di Kapanewon Prambanan, Sleman. Si jago merah melahap bangunan gedung SDN 1 Delegan yang terletak di Jalan Piyungan-Prambanan Km 6 Dinginan, Kalurahan Sumberharjo, Prambanan, petang ini.

"Iya (ada kebakaran). Jam kejadiannya tidak tahu. Laporan masuk jam 19.47 WIB, 2 unit armada dari Sleman," kata Kasi Operasional dan Investigasi Damkar Sleman Nawa Murtiyanto melalui pesan singkat, Selasa (9/8/2022) malam.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar lokasi kejadian berinisial R mengatakan kebakaran menghanguskan seluruh gedung.


"Parah, membakar satu sekolahan," kata R saat dihubungi wartawan.

Soal adanya korban jiwa, R belum mengetahui secara pasti. Namun, saat kejadian ia menduga kondisi sekolah dalam keadaan kosong.

"Belum tahu (ada korban), sepertinya sekolah (sudah) kosong," ungkapnya.

Saat ini api sudah bisa dipadamkan sekitar pukul 21.20 WIB oleh tim pemadam dibantu warga. "Sudah padam barusan," imbuhnya.

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logostik BPBD Sleman Bambang Kuntoro menjelaskan api awalnya muncul dari ruangan komputer. Ruangan lain pun kemudian ikut terbakar.

"Sudah (dipadamkan) dari Damkar Bantul yang pertama karena paling dekat. Kemudian dari Kota Yogya terus Sleman," kata Bambang.

"Jam 7 seperempat. Padam baru ini. Jam 21.50 WIB sudah klir. (Awal) Dari ruang komputer terus ada sekitar 8 ruangan terbakar. Ini baru asesmen," imbuhnya.

Bambang menuturkan, akibat kebakaran itu tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian materi masih dalam pendataan.

"Korban jiwa tidak ada. Itu (sekolahnya) kosong," pungkasnya.



Simak Video "Ruko di Purbalingga Kebakaran, Ibu dan Anak Tewas Terpanggang"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)