Viral Video Rombongan Pesilat Keroyok Jukir di Jogja, Polisi: Hoax

Heri Susanto - detikJateng
Senin, 08 Agu 2022 20:45 WIB
ilustrasi hoax
Foto: ilustrasi/thinkstock
Yogyakarta -

Viral video bernarasi peristiwa pengeroyokan oleh rombongan pesilat di sekitar Taman Parkir Senopati, Kota Jogja. Polisi memastikan peristiwa pengeroyokan itu tidak terjadi di Jogja alias informasi dalam video viral itu hoax.

"Kami cek ternyata itu jalannya sama dengan yang di Jombang, Jawa Timur. Sudah diamankan petugas Polres Jombang," kata Kasubbag Humas Polresta Jogja AKP Timbul Sasana Raharja saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (8/8/2022).

Video tersebut diposting akun Instagram @ics_infocegatansolo. Dilihat detikJateng, Senin (8/8) pukul 20.24 WIB, postingan dengan narasi:


Rombongan konvoi yang diduga merupakan kelompok dari sebuah perguruan silat terlibat pengeroyokan terhadap sejumlah orang di sekitar Taman Parkir Senopati Kota Jogja, Sabtu (6/8/2022) malam. Ada dua orang yang menjadi korban pengeroyokan tersebut.

Seorang juru parkir yang menyaksikan inseden tersebut menceritakan awalnya rombongan para pesilat itu menyerempet driver ojek online. Kemudian dirinya berniat membantu sang driver ojek online, namun tiba-tiba dirinya malah dikeroyok pesilat itu.

"Awalnya mereka kan menyerempet driver ojek online, terus kami bermaksud membantu, tetapi tiba-tiba malah dikeroyok," kata pria yang identitasnya enggan disebut itu, Minggu (7/8/2022).

Pria itu menyebut rombongan pesilat membawa bendera kuning.

Postingan video tersebut telah ditonton puluhan ribu kali dan mendapat ribuan komentar netizen.

Timbul mengatakan, saat malam Minggu memang ada kejadian gesekan dua kelompok di kawasan Taman Parkir Senopati. Tapi kejadian itu bisa diantisipasi karena ada petugas Polresta Jogja yang berjaga.

"Kalau yang di Taman Parkir Senopati tidak sampai ada kejadian penganiayaan atau pengeroyokan karena ada petugas," ungkapnya.

Timbul pun lantas membagikan video kejadian serupa yang berada di Jombang dan sudah diamankan Polres Jombang.

"Kalau video di Instagram itu tidak identik dengan Taman Parkir Senopati. Karena dua lajur terpisah dengan pembatas jalan," imbuhnya.



Simak Video "Momen Tim Damkar Evakuasi Mobil Sedan Tercebur di Kali Sunter Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)