Kondisi SMAN 1 Banguntapan Usai Kepsek-3 Guru Dinonaktifkan gegara Kasus Hijab

Kondisi SMAN 1 Banguntapan Usai Kepsek-3 Guru Dinonaktifkan gegara Kasus Hijab

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Senin, 08 Agu 2022 14:31 WIB
SMAN 1 Banguntapan, Bantul, DIY, Senin (8/8/2022).
SMAN 1 Banguntapan, Bantul, DIY, Senin (8/8/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Kasus dugaan pemaksaan hijab kepada salah seorang siswi berbuntut penonaktifan Kepala SMAN 1 Banguntapan dan 3 guru lainnya. Saat ini pihak sekolah telah memiliki pelaksana harian (Plh) kepala sekolah (kepsek) untuk menggantikan kepsek yang lama.

"Sudah ada, kepala sekolahnya sekarang Plh. Semuanya sudah normal dan kondusif," kata Plh Humas SMAN 1 Banguntapan Sutrisna saat ditemui detikJateng di SMAN 1 Banguntapan, Bantul, Senin (8/8/2022).

Selain itu, Sutrisna menyebut dengan penonaktifan tiga guru di SMAN 1 Banguntapan tidak mempengaruhi KBM. Begitu juga kegiatan di sekolah lainnya.


"Kegiatan belajar mengajar tetap normal seperti biasa. Ini baru saja (salat) jamaah dan ini mau lanjut kegiatan belajar mengajar lagi," ucapnya.

"(Penonaktifan tiga guru) Tidak mempengaruhi belajar mengajar," lanjut Sutrisna.

Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah bagaimana membuat murid belajar di sekolah dengan aman dan nyaman. Sehingga Sutrisna enggan mengomentari lebih jauh soal dugaan pemaksaan pemakaian hijab kepada salah satu siswinya.

"Yang jelas bagi kami saat ini mengamankan anak-anak sekolah tetap berjalan seperti biasa dan alhamdulillah sampai saat ini masih berjalan," katanya.

Sebelumnya, dugaan pemaksaan jilbab terhadap siswi di SMAN 1 Banguntapan Bantul memasuki babak baru. Selain kepala sekolah, tiga orang guru juga dibebastugaskan terkait kejadian tersebut.

"Dan tiga guru saya bebaskan dari jabatannya tidak boleh dulu mengajar. Sambil nanti ada kepastian," kata Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat diwawancarai wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kamis (4/8).

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY telah melayangkan surat pembebastugasan yang dimaksud di atas.

"Hari ini oleh Kepala Dinas (pembebastugasan)," kata Aji saat ditemui terpisah.



Simak Video "SMAN 1 Banguntapan Bantah Paksa Siswi Pakai Jilbab"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)