Puncak Hari Bhakti TNI AU, KSAU: Jadikan Sebagai Tanda Bukti Pengabdian

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Jumat, 29 Jul 2022 10:31 WIB
Puncak peringatan Hari Bhakti TNI AU 2022 di Lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022).
Puncak peringatan Hari Bhakti TNI AU 2022 di Lapangan Dirgantara AAU, Jogja, Jumat (29/7/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Yogyakarta -

Tanggal 29 Juli diperingati sebagai Hari Bhakti TNI AU. Puncak Hari Bhakti TNI AU ke-75 dilaksanakan di Lapangan Dirgantara AAU Jogja bertujuan untuk mengenang kembali peristiwa penting bagi prajurit TNI Angkatan Udara.

Pada peringatan tahun ini, Hari Bhakti TNI AU 2022 mengusung tema 'Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan'.

Adapun peristiwa 75 tahun silam saat Pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan sumbangan Palang Merah Malaya kepada Palang Merah Indonesia, ditembak jatuh oleh dua pesawat pemburu Belanda P-40 Kitty Hawk. Pesawat tersebut diterbangkan oleh Alexander Noel Constantine.


Saat hendak mendarat di lapangan terbang Maguwo Jogja, muncul dua pesawat P-40 Kitty Hawk secara tiba-tiba dan tanpa peringatan terlebih dahulu memberondong dengan senapan mesin. Akibatnya, pesawat Dakota VT-CLA oleng karena mesin sebelah kiri terkena tembakan. Sebelum jatuh ke tanah, sayap sempat menghantam pohon dan jatuh di pematang sawah di desa Ngoto, Bantul sebelah selatan Kota Jogja.

"Sebagai generasi penerus, kita jadikan momen Hari Bhakti ini sebagai bukti tanda pengabdian kita kepada tanah air dengan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat dan berbagai bentuk kegiatan lainnya yang akan meringankan beban masyarakat di sekitar kita," kata KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dalam amanatnya, Jumat (29/7/2022).

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini pelaksanaan upacara puncak Hari Bhakti TNI AU 2022 dapat dilaksanakan secara luring. Mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang sudah mulai bisa terkendali.

Kendati demikian, Fadjar mengingatkan bahwa ancaman pandemi masih mengintai.

"Namun kita tetap harus mewaspadai perkembangan wabah ini demi kebaikan kita bersama," ujarnya.

Puncak peringatan Hari Bhakti TNI AU 2022 di Lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022).Puncak peringatan Hari Bhakti TNI AU 2022 di Lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng

Fadjar melanjutkan, dalam kondisi pandemi ini, TNI AU terus berkomitmen untuk membantu upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi. Berbagai kegiatan sosial pun telah dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

"TNI AU senantiasa memberikan upaya terbaik guna membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional," katanya.

"Berbagai upaya juga telah dilaksanakan TNI AU hingga puncak Hari Bhakti ini, seperti penanggulangan bencana di tanah air, pelaksanaan vaksinasi dan booster untuk masyarakat, percepatan distribusi obat untuk masyarakat hingga bahan logistik," sambungnya.

Ia meminta kepada seluruh jajaran TNI AU agar menjadi pelopor agar masyarakat bisa bangkit.

"Di tengah kondisi pemulihan pandemi ini TNI AU harus dapat menjadi pelopor dan mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus menumbuhkan optimisme untuk terus bersatu dan saling bahu membahu," tegasnya.

Puncak peringatan Hari Bhakti TNI AU 2022 di Lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022).Puncak peringatan Hari Bhakti TNI AU 2022 di Lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng

Sementara itu, Kadispen AU Marsma Indan Gilang Buldansyah menambahkan puncak Hari Bhakti TNI AU 2022 ini turut dihadiri beberapa mantan Kasau dari masa ke masa. Salah satunya Marsekal Hadi Tjahjanto.

Indan berujar setelah puncak acara ini, akan dilakukan prosesi wisuda purnawira perwira tinggi TNI AU.

"Ada hal yang istimewa di wisuda ini. Yang diwisuda ada 64 perwira tinggi yang diwisuda. Di antaranya ada Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Marsekal (Purn) Yuyu Sutisna," ujar Indan.

Sebelum puncak Hari Bhakti TNI AU 2022 ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan karya bakti secara serentak di seluruh tanah air dan secara terpusat di Maluku.



Simak Video "Momen Parade Pesawat Tempur Warnai HUT TNI AU di Yogya"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)