Round-Up

Jangan Remehkan, Mengonsumsi Laron Bisa Cegah Stunting

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 28 Jun 2022 07:00 WIB
laron
Ilustrasi laron. Foto: Istimewa
Gunungkidul -

Selama ini banyak yang menganggap mengonsumsi laron merupakan hal yang menjijikkan. Namun, ternyata hewan ini disebut-sebut memiliki protein yang tinggi.

Bahkan, mengonsumsi laron juga bisa untuk mencegah terjadinya bayi stunting.

Tentunya ini bukan isapan jempol belaka. Hal tersebut disebutkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo.


"Jadi kan gini, laron itu bisa mencegah stunting karena apa? Laron ini kalau dikonsumsi dia protein hewani, proteinnya tinggi," kata Hasto Wardoyo usai menghadiri launching Gerakan Orang Tua Asuh Peduli Stunting di Pedukuhan Ngalang Ombo, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Senin (27/6/2022).

Dalam kesempatan itu dia menyebut angka stunting di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih cukup tinggi, sekitar 17 persen. Padahal, ditargetkan angka stunting di daerah itu bisa ditekan hingga 14 persen.

Salah satu upaya untuk memenuhi target tersebut, tentunya perlu untuk perbaikan gizi, baik untuk ibu hamil maupun anak-anak dalam masa pertumbuhan.

"Sehingga maksud saya tidak perlulah beli daging sapi, tidak perlu beli yang mahal-mahal," kata Hasto.

Sebab, gizi itu ternyata bisa ditemukan di makanan yang murah, seperti telur atau ikan kembung.

Bahkan, makanan dengan protein tinggi juga bisa didapatkan secara gratis dengan mengonsumsi laron maupun belalang.

"Jadi kalau saya waktu kecil juga konsumsi laron itu, karena ada proteinnya. Di Gunungkidul ada ungkrung, belalang, itu semua protein hewani dan itu halal," ucapnya.

Anda berminat mencobanya?



Simak Video "Penampakan Serbuan Laron 'Teror' Pengendara di Jembatan Kali Porong"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)