Viral Pengunjung Tamansari Sambat Foto Pakai Kamera Pro Bayar Rp 250 Ribu

Viral Pengunjung Tamansari Sambat Foto Pakai Kamera Pro Bayar Rp 250 Ribu

Agus Septiawan - detikJateng
Selasa, 15 Mar 2022 11:20 WIB
Banner harga sesi foto di Tamansari Jogja.
Banner harga sesi foto di Tamansari Jogja. (Foto: Agus Septiawan/detikJateng)
Yogyakarta -

Curhatan pengunjung Tamansari Keraton Jogja viral di media sosial. Pengunjung tersebut mempertanyakan biaya sebesar Rp 250 ribu karena dianggap membawa kamera profesional saat masuk ke objek wisata tersebut.

Unggahan tersebut diposting di grup Facebook Pecinta Obyek Wisata Yogyakarta oleh akun @destanta. Dalam unggahannya, akun tersebut meneruskan curhatan temannya yang merasa keberatan dimintai biaya Rp 250 ribu hanya karena membawa kamera profesional ke Tamansari.

"Sedikit curhatan dari temen saya lur..
Harus membayar tarif poto sejumlah 250 jika makek kamera pro di tamansari.
Sek tau nang taman sari bawa kamera ngalamin kayak temen saya nggak ya..
Atau mungkin ada pencerahan dari pihak pengelola.. trimakasih sekali..
Nuwun," tulis akun tersebut, seperti dilihat detikJateng, Selasa (15/3/2022).


Curhatan pengunjung Tamansari Jogja yang viral di medsos.Curhatan pengunjung Tamansari Jogja yang viral di medsos. (Foto: Tangkapan layar medsos)

Hingga hari ini, unggahan tersebut menuai reaksi dari 1.100 warganet yang riuh berkomentar. Ada yang menganggap wajar, adapula yang mengeluhkan mahalnya tarif tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Unit Pariwisata Tamansari RM Bambang Prastari meminta wisatawan mengajukan izin terlebih dahulu. Pihak berharap pengunjung jujur mengakui membawa kamera profesional dan melakukan sesi foto saat di loket pembayaran. Ini untuk menghindari adanya kesalahpahaman saat sudah masuk kawasan wisata Tamansari.

"Tanpa izin dari keraton, kita tidak akan menerima apapun itu kecuali foto prewedding yang bisa on site sama foto-foto yang tidak menyebabkan copyright. Karena Tamansari merupakan salah satu karya intelektual maka copyright kita utamakan," katanya.



Simak Video "Ini Tampang Pengeroyok Sopir Ojol di Tamansari Jakbar"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)