Bayar Uji Kir di Kulon Progo Sekarang Pakai Nontunai, Ini Caranya

Jalu Rahman - detikJateng
Selasa, 25 Jan 2022 12:49 WIB
Pemohon uji kir dengan sistem non tunai di Dishub
Pemohon uji kir dengan sistem nontunai di Dishub. Foto: dok. Dishub Kulon Progo
Kulon Progo -

Dinas Perhubungan Kulon Progo, DIY, menerapkan sistem pembayaran nontunai (cashless) pada pelayanan uji kir. Langkah ini untuk mendukung digitalisasi pelayanan kepada masyarakat.

"Sekarang, uji kir kita terapkan sistem cashless atau tidak bayar tunai. Ini upaya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo, Lucius Bowo Pristiyanto, Selasa (25/1/2022).

Di samping itu, perubahan sistem pembayaran uji kir juga sebagai upaya mewujudkan n. Dengan ini juga diharapkan mampu mengintegrasikan data kir antara kabupaten maupun pusat.

"Harapan kami uji kir di Kulon Progo semakin mudah dan tentunya lebih bersih dan transparan," ujar Bowo.

Bowo mengatakan, sistem pembayaran non tunai uji kir sudah melalui masa uji coba sejak November 2021. Perubahan sistem ini juga telah disosialisasikan kepada masyarakat lewat media sosial.

Adapun pembayaran non tunai pada pelayanan uji kir di Dishub Kulon Progo resmi diberlakukan per 18 Januari 2022. Sistem pembayaran dapat melalui beberapa cara, di antaranya lewat ATM atau pakai uang digital (e-money).

"Waktu yang lalu masih bisa dengan transaksi tunai. Tapi mulai saat ini tidak bisa lagi. Hal ini untuk melengkapi model uji berbasis elektronik (BLUe CARD) yang diberlakukan beberapa waktu sebelumnya," ucap Bowo.

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran, Dinas Perhubungan Kulon Progo, Arif Martono, mengatakan perubahan sistem ini hanya berlaku untuk pembayaran. Adapun alur uji kir tetap sama.

"Yang berubah hanya sistem pembayarannya aja, alurnya masih sama. Jadi, pemohon datang mendaftar, dihitung biayanya, termasuk kalau ada denda, lalu bayar secara cashless," ucap Arif.

Sejak diberlakukan perubahan sistem ini, Arif mengatakan, pihaknya tidak lagi menerima pembayaran secara tunai. Bagaimana kalau pemohon hanya membawa uang tunai? Arif menjelaskan, pemohon tetap diarahkan untuk membayar secara cashless.

"Karena ini sudah berlaku, jadi tetap cashless. Kalau bawa tunai kita arahkan bayar secara cashless lewat pemohon lain. Jadi, pemohon lain bayarkan dulu uang kir secara nontunai, lalu diganti tunai oleh pemohon yang bersangkutan," ujarnya.



Simak Video "Ambil BLT Minyak Goreng Bonus Vaksinasi Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)