Didukung Perajin Batik Bantul Maju Capres, Cak Imin: Saya Terkejut

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Minggu, 23 Jan 2022 17:55 WIB
Ketua PKB Muhaimin Iskandar saat menerima syal dari perajin batik di Kampung Batik Giriloyo, Minggu (23/1/2022).
Ketua PKB Muhaimin Iskandar saat menerima syal dari perajin batik di Kampung Batik Giriloyo, Minggu (23/1/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mendapat dukungan dari perajin batik untuk maju calon presiden (capres) pada Pilpres 2024, saat berkunjung ke Kampung Batik Giriloyo, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul. Meski mengaku terkejut, Cak Imin menganggap dukungan tersebut sebagai amanah.

Pantauan detikJateng, perajin batik yang sebagian besar emak-emak ini membentangkan spanduk bertuliskan 'Deklarasi dukungan perajin batik tradisional kepada Gus Muhaimin Iskandar untuk menjadi Presiden 2024'. Selanjutnya, beberapa ibu memberikan syal motif batik bertuliskan 'Presiden RI 2024 Gus Muhaimin Iskandar' kepada Cak Imin.

Koordinator deklarasi sekaligus perajin batik di kampung batik Giriloyo, Wasihatun Humaidah, mengatakan mendukung Cak Imin untuk menjadi Presiden tahun 2024 karena dekat dengan masyarakat. Menurutnya, kedekatan itu bisa menjadi modal agar aspirasi warga tersalurkan.

"Pertama kita sebagai perajin batik kan juga perlu untuk menyalurkan aspirasi. Kedua kita punya harapan sesuai dengan keadaan atau misalkan dari sisi keagamaan alhamdulillah sama, sehingga kita bisa mendukung (Cak Imin jadi Presiden)," ucapnya kepada wartawan di Kampung Batik Giriloyo, Bantul, Minggu (23/1/2022).

"Mudah-mudahan juga harapan kami dalam mendukung beliau itu warga masyarakat khususnya di kampung batik Giriloyo lebih tersampaikan aspirasinya, dan harapannya kesejahteraan bisa mengalir di sini," lanjut Wasihatun.

Selain itu, Wasihatun menilai sosok Cak Imin memiliki dedikasi dan reputasi yang bagus selama berorganisasi. Oleh sebab itu, pihaknya mantap mendukung Cak Imin sebagai Presiden tahun 2024.

"Kalau di masyarakat Bantul saya kira juga bagus dari dedikasi, dari awal beliau mulai terjun di organisasi itu beliau reputasinya sangat bagus. Sehingga insyaallah pantas (Cak Imin) jadi Presiden," ujarnya.

Menyoal pemberian syal motif batik kepada Cak Imin saat deklarasi, Wasihatun mengaku hal tersebut sebagai wujud dukungan. Bahkan, pihaknya membuat syal itu secara mendadak setelah mengetahui kedatangan Cak Imin ke Bantul.

"Ya itu baru kemarin Sabtu (22/1), pagi kita gambar terus sorenya kita batik dan pewarnaannya tadi pagi. Itu hasil kerja sama semua perajin dan saking (segitu) senenge (sama Cak Imin) juga," ujarnya.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar mengaku terkejut mendapatkan dukungan dari perajin batik di Giriloyo. Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, deklarasi tersebut sebagai amanah untuknya.

"Ya saya terkejut sekaligus, saya itu kalau mendapatkan amanah dari kelompok yang spesifik ini lebih mudah. Lebih mudah dalam arti ya ini menjadi misi kita. Misi dari pemerintahan untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi kreatif khususnya pembatik," kata Cak Imin, sapaannya.

Pria yang juga kerap disapa Gus Muhaimin ini mengaku deklarasi tersebut bukan kali pertama yang dia dapatkan. Di sisi lain dia menilai dukungan yang muncul terhadapnya berasal dari kelompok UMKM.

"Kemarin di Sidoarjo, Jawa Timur kelompok pengrajin tas kulit itu juga mendukung saya. Nah, ini semua buat saya adalah kesempatan untuk membuktikan kepada mereka, para industri kreatif sekaligus UMKM mau tidak mau harus menjadi komitmen saya untuk dimajukan," ujarnya.

Menyoal dukungan yang muncul dari berbagai kelompok menjadi salah satu cara meningkatkan survei calon presiden pada Pilpres 2024, Cak Imin mengaku membenarkannya. Bahkan, Cak Imin menilai dukungan ini menjadi motivasi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara lebih baik lagi ke depannya.

"Ya moga-moga (bisa meningkatkan survei), namanya juga aspirasi datang kapan di mana saja, tentu menjadi motivasi kita untuk mengabdi lebih baik lagi," katanya.



Simak Video "Sebut Sering Berseberangan, Cak Imin Ungkap Lily Wahid Sosok Punya Prinsip"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)