Beredar Video 18 Detik Balap Liar di Simpang Bandara Adisutjipto

Jauh Hari Wawan S. - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 14:59 WIB
Video diduga balapan liar di simpang Bandara Adisutjipto, Sleman, Jumat (21/1/2022).
Video diduga balapan liar di simpang Bandara Adisutjipto, Sleman, Jumat (21/1/2022). (Foto: Tangkapan layar grup Facebook Info Cegatan Jogja)
Sleman -

Sebuah video beredar di salah saru grup media sosial Facebook. Dalam video berdurasi 18 detik itu nampak gerombolan remaja ramai-ramai berhenti di lampu APILL.

Masih berdasarkan video, para remaja itu sengaja berhenti tepat di garis marka walaupun lampu APILL telah menunjukkan warna hijau. Sementara itu, ada motor yang menghalangi pengguna jalan lainnya.

Sementara itu, ada satu orang lagi nampak memberikan aba-aba seperti layaknya balapan. Di kanan kiri pemberi aba-aba terdapat dua kendaraan yang kemudian memacu kendaraannya saat diberi tanda start.

Dari video yang beredar kondisi jalan sudah gelap dan nampak hujan saat kejadian.

Video itu diunggah oleh akun Facebook Sanca Kicau di grup Facebook Info Cegatan Jogja. Menurut pengunggah video, lokasi kegiatan diduga balapan liar itu di simpang tiga Bandara Adisutjipto atau Jalan Solo, Maguwoharjo, Sleman. Ia menyampaikan jika kejadian itu dilakukan pada pukul 03.00 WIB dini hari.

"pukul 03.00..ntah do ngopo kui..lalulintas lampu merah kudumen ijo dadi mandeg karo cah2 kui.lokask dpn lampu merah ngarep bandara adisucipto," tulis akun itu seperti dilihat detikJateng, Jumat (21/1/2022).

Kapolres Sleman AKBP Achmad Imam Rifai saat dimintai konfirmasi soal peristiwa itu mengatakan akan mengecek dulu ke jajarannya. Namun, ia menegaskan jika balap liar tidak diperbolehkan.

"Nanti coba saya cek ke jajaran. Intinya kalau terkait dengan balap liar kita kan sudah menugaskan anggota-anggota untuk menertibkan itu. Kan tidak boleh itu balap liar peruntukannya jalan," kata Imam saat dihubungi wartawan hari ini.

Dikatakan Imam, di wilayah Sleman memang ada beberapa lokasi yang pernah digunakan untuk balap liar. Terutama jalanan lurus dengan kondisi aspal yang bagus.

"Ya kan dari pengalaman dan juga evaluasi-evaluasi memang kita dapatkan memang tempat-tempat yang sering digunakan karena mungkin ada jalannya yang lurus, halus," ucapnya.

Imam pun akan menempatkan dan memerintahkan anggotanya untuk terus memantau lokasi-lokasi yang ditengarai jadi ajang balapan liar.

"Itu kami tempatkan anggota dan lebih kita atensikan anggota untuk di situ dengan penebalan atau penambahan personel," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Depok Timur Kompol Suhadi mengatakan jika jajarannya dini hari tadi telah melakukan patroli hingga ke lokasi kejadian. Menurut Suhadi, saat patroli melintas tidak ada balapan liar seperti yang dimaksud oleh pengunggah video.

"Anggota saya jam 3 pagi ke situ, itu gambar yang dulu, bisa juga. Tapi anggota tadi pagi jam 3 patroli. Kemungkinan gambar lama bisa diulang-ulang," kata Suhadi.

Menurutnya, wilayah seputaran Bandara Adisutjipto memang kerap digunakan untuk nongkrong. Oleh karena itu, pihaknya juga telah menggencarkan patroli di sekitar wilayah tersebut.

"Sering untuk nongkrong, nek patroli lewat, bubar. Dari Polsek ya antisipasi tiap hari, patroli, dijaga, tiap hari ke situ," pungkasnya.

(sip/rih)