Maling Ditangkap gegara Motor Curian Kehabisan Bensin di Srandakan

Maling Ditangkap gegara Motor Curian Kehabisan Bensin di Srandakan

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Jumat, 02 Des 2022 17:03 WIB
Pencurian sepeda motor dengan kunci kunci later T.
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi pencuri motor. Foto: dikhy sasra
Kulon Progo -

Seorang residivis yang sudah delapan kali masuk penjara berinisial YAT (28) kembali dicokok polisi karena mencuri sepeda motor di Kulon Progo. Dalam melancarkan aksinya, pelaku gagal membawa kabur motor curian gegara kehabisan bensin.

Aksi pencurian ini dilakukan pada 28 September 2022 malam. Saat itu pelaku yang merupakan warga Galur ini berhasil membawa kabur sepeda motor matik yang terparkir di dalam rumah di Dusun II, RT 08 RW 03, Kalurahan Brosot, Kapanewon Galur, Kulon Progo.

"Awalnya pelaku ini jalan kaki dari jembatan Brosot mau pulang ke rumahnya di Galur jalan kaki. Dalam perjalanan dia melihat ada salah satu rumah yang pintunya terbuka sedikit. Kemudian dia masuk ke dalam dan mengambil sepeda sepeda motor serta kuncinya, lalu kabur," ucap Kapolres Kulon Progo, AKBP Muharomah Fajarini, dalam jumpa pers di Mapolres Kulon Progo, Jumat (2/12/2022).


"Dalam perjalanan ternyata sepeda motor itu kehabisan bensin. Oleh pelaku sepeda motor ini lalu ditinggal di sebuah masjid di daerah Srandakan, Bantul," imbuhnya.

Fajarini menjelaskan temuan motor itu jadi awal ungkap kasus pencurian ini. Petugas dari Polsek Galur dan Buser Polres Kulon Progo lalu diterjunkan untuk melakukan penyelidikan. Hasilnya, diketahui bahwa motor itu merupakan barang curian.

"Setelah diketahui bahwa itu kasus pencurian, kami lalu melakukan serangkaian penyelidikan yang akhirnya berhasil mendeteksi keberadaan pelaku. Hasilnya pelaku bisa kita tangkap di wilayah Panjatan akhir bulan lalu," ujarnya.

Sementara itu, YAT yang dihadirkan dalam jumpa pers mengakui perbuatannya. Dia mengatakan aksi pencurian itu dilakukannya sesaat setelah mengikuti pesta miras di Jembatan Srandakan.

"Saat itu saya habis minum-minum di jembatan, terus pulang jalan kaki, saya lihat satu rumah yang pintu belakangnya terbuka sedikit kelihatan cahayanya, pada saat itu saya spontan masuk, dorong pintu pelan-pelan, lalu saya cari kunci motor, bawa motor keluar pelan-pelan, setelah jauh dari rumah saya hidupkan motor," ucapnya.

Apes baginya. Motor itu ternyata kehabisan bensin. YAT pun lantas meninggalkan motor tersebut.

"Waktu itu malah kehabisan bensin, kebetulan saya juga nggak bawa uang. Nah rencana kan mau diambil lagi esok harinya, Pas balik ke lokasi ternyata udah nggak ada," ucapnya.

Simak lebih lengkap di halaman berikutnya...



Simak Video "Pencuri HP Ngamuk Pakai Badik Saat Kepergok, Berujung Tewas Dikeroyok"
[Gambas:Video 20detik]