18 Orang Diperiksa soal Misteri Penembakan Mobil di Pekalongan

18 Orang Diperiksa soal Misteri Penembakan Mobil di Pekalongan

Robby Bernardi - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 14:00 WIB
Mobil yang jadi sasaran penembakan misterius di Pekalongan. Foto diambil Kamis (29/9/2022).
Mobil yang jadi sasaran penembakan misterius di Pekalongan. Foto diambil Kamis (29/9/2022). Foto: Robby Bernardi/detikJateng
Pekalongan -

Teror penembakan misterius terhadap sebuah mobil terjadi di Kajen, Kabupaten Pekalongan, pada Jumat (23/9) malam lalu. Polisi turun tangan dan telah memeriksa 18 orang.

"Dari laporan itu, kita akan usut tuntas. Sampai hari ini sudah ada 18 saksi yang kita periksa," kata Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, usai meresmikan Gedung Klinik Prata Polres Pekalongan, di Mapolres Pekalongan, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, dari 18 saksi tersebut, delapan di antaranya berada di sekitar lokasi saat kejadian penembakan.


"Baik saksi yang mengalami, saksi yang mendengar, dan juga yang melihat. Tentunya yang melihat, kita juga ada kurang lebih delapan orang yang saat itu berada di sekitar lokasi," ungkapnya.

Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, Kamis (29/9/2022).Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, Kamis (29/9/2022). Foto: Robby Bernardi/detikJateng

Lebih lanjut, polisi belum bisa memastikan senjata api jenis apa yang digunakan pelaku untuk melakukan teror penembakan tersebut. Pihaknya masih menunggu hasil Laboratorium Forensik Polda Jateng.

"Ya, nanti kita nunggu hasil dari Laboratorium Forensik. Jadi Polda Jateng sudah menurunkan tim baik Jatanras Polda dari Krimsus Polda dan juga dari Bitlabfor Polda Jateng," ucapnya.

Selain mengamankan mobil yang jadi sasaran tembak, polisi juga menemukan satu proyektil peluru.

"Hasil dari Labfor diperkirakan satu minggu. Karena kita harus melakukan juga uji balistik, uji terhadap berapa meter jarak tembak, kemudian berapa sudut tersebut. Nanti itu materi penyidikan," lanjutnya.

Saat ini pihaknya terus melakukan patroli di sekitar TKP untuk memberikan perlindungan pada korban. Selain tentunya juga patroli ke masyarakat.

Diberitakan sebelumnya, teror penembakan misterius itu terjadi pada Jumat 23 September 2022 sekitar pukul 22.27 WIB di perumahan Wisma Pratama Asri, Desa Sambiroto, Kecamatan Kajen. Ketika itu rombongan aktivis Forum Pekalongan Bangkit (FPB) pulang dari Pemalang menggunakan mobil HRV dan Xenia.

"Kami berenam baru pulang dari Pemalang. Saya naik mobil HRV berempat. Dua lagi naik Xenia. Sampai di depan rumah membuka pintu pagar. Dari arah barat ada satu orang naik motor nggak pakai lampu, helm hitam, semuanya tampak serba hitam. Motornya kalau tidak salah matik, kemudian melintas, tiba-tiba terdengar suara keras sekali 'toaarrrr'," jelas Ketua FPB Subekhi, Rabu (28/9).

Sempat dikira petasan, ternyata ada lubang di bagian bawah pintu mobil Xenia. Keesokan harinya ia lapor ke Polres Pekalongan dan menurutnya langsung dilakukan tindakan oleh TKP termasuk dari Labfor.



Simak Video "Teror Busur Panah dari Pemotor Hantui Warga Gowa Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)