Lapas Semarang Tangkap Wanita Pengunjung Simpan 396 Pil Koplo di Alat Vital

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Kamis, 18 Agu 2022 17:37 WIB
Petugas menunjukkan barang bukti upaya penyelundupan pil koplo di Lapas Semarang, Kamis (18/8/2022).
Petugas menunjukkan barang bukti upaya penyelundupan pil koplo di Lapas Semarang, Kamis (18/8/2022). (Foto: dok. Lapas Kedungpane Semarang)
Semarang -

Petugas Lapas Kelas I Kedungpane Semarang menggagalkan penyelundupan ratusan butir pil koplo oleh seorang wanita. Modusnya, ratusan pil koplo itu dimasukkan dalam kondom dan disembunyikan di dalam alat vital.

Berdasarkan keterangan tertulis Lapas Semarang disebutkan peristiwa terjadi pukul 10.30 WIB siang tadi. Berawal ketika ada pengunjung yang datang untuk membesuk narapidana. Petugas lapas bernama Mamik Kartika dan Hanifa curiga dan memeriksa badan pengunjung berinisial D itu.

"Saat dilakukan pengecekan badan, pelaku mengaku sedang haid sehingga dia pakai pembalut," kata Kalapas Semarang Tri Saptono Sambudji dalam keterangannya, Kamis (18/7/2022).


Namun petugas tetap melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Saat diperiksa di bagian intim pada wanita tersebut, ditemukan bungkusan yang terselip di dalam kemaluannya yang dibalut alat kontrasepsi.

Aksi wanita itu cukup nekat karena dalam kondom ditemukan pil koplo yang cukup banyak, yaitu 396 butir. Wanita itu ternyata bermaksud menemui narapidana atas nama SDK.

"Tersangka dan narapidana diamankan petugas untuk dimintai keterangan," ujarnya.

Ia menegaskan dibongkarnya upaya penyelundupan itu karena petugas yang jeli melihat pelaku yang gerak-geriknya mencurigakan dan melakukan pengecekan secara mendetail.

"Aksinya gagal karena petugas penggeledahan badan jeli dengan memeriksa seluruh badan hingga daerah sensitif," tegasnya.

Pihak Lapas kemudian berkoordinasi dengan Polsek Ngaliyan dan menyerahkan tersangka beserta barang bukti untuk langkah hukum lebih lanjut.



Simak Video "Tampang Pelaku Penyekapan-Pemerkosaan ABG SMP di Pati"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/dil)