Usai Geledah Kantor Bupati, KPK Periksa Kantor Kominfo Pemalang

Robby Bernardi - detikJateng
Senin, 15 Agu 2022 15:32 WIB
Petugas KPK tampak membawa dua koper besar dari kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang, Jawa Tengah, Senin (15/8/2022).
Petugas KPK tampak membawa dua koper besar dari kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang, Jawa Tengah, Senin (15/8/2022). (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Pemalang -

Tim KPK menggeledah kantor Kominfo Pemalang siang ini. Dua ruangan yang diperiksa yakni ruang Kepala Dinas dan Sekretariat Umum Kominfo Pemalang.

Pantauan detikJateng, tim dari KPK tampak tiba di kantor Kominfo Pemalang pada Senin (14/8/2022) sekitar pukul 14.30 WIB. Segel KPK yang terpasang sejak pekan lalu dirobek oleh para petugas tersebut. Sampai berita ini ditulis, petugas KPK masih berada di dalam kantor Kominfo Pemalang.

Sementara itu, tim lain yang sebelumnya sempat masuk ke ruang kerja Bupati Pemalang sejak pukul 11.30 WIB tampak keluar pada pukul 14.38 WIB. Tim tersebut membawa tiga koper yang masing-masing berwarna hitam, merah dan biru.


Koper-koper tersebut langsung dimasukkan ke dalam mobil Innova. Tak lama kemudian, mobil yang membawa tiga koper itu dan tiga mobil lainnya meninggalkan kompleks kantor Bupati Pemalang. Rombongan mobil tersebut dikawal oleh petugas kepolisian.

Selain itu, dua mobil Innova lainnya masih terparkir di depan kantor Kominfo Pemalang.

Untuk diketahui rombongan petugas KPK datang dengan menggunakan enam mobil masuk ke lingkungan Pemkab Pemalang siang tadi. Mereka melakukan pemeriksaan terpisah di sejumlah kantor, di antaranya Kantor BKD, Kantor Kominfo, Bupati, Sekda, DPU TR dan Perkim.

Bupati Pemalang Terjerat Dugaan Suap dan Jual Beli Jabatan

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Kamis (11/8). Mukti Agung ditangkap saat berada di Jakarta, saat keluar dari Gedung DPR RI.

Mukti Agung tidak sendirian. Dalam operasi itu ada 23 orang yang diamankan oleh petugas KPK. Mereka digelandang untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK.

Sejauh ini, dari puluhan orang yang diamankan tersebut, tidak semuanya ditetapkan menjadi tersangka. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, KPK hanya menetapkan 6 tersangka, termasuk Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo.

Dalam konferensi pers, Jumat (12/8), Ketua KPK Firli Bahuri mengumumkan 6 nama tersangka kasus suap dan pungutan tidak sah dalam pengadaan barang dan jasa serta jabatan. Berikut daftar para tersangka:

  1. Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo
  2. Komisaris PDAU, Adi Jumal Widodo
  3. Pejabat Sekretariat Daerah Pemalang, Slamet Masduki
  4. Kepala BPBD Pemalang, Sugiyanto
  5. Kepala Dinas Kominfo Pemalang, Yanuarius Nitbani
  6. Kepala Dinas PU Pemalang, Mohammad Saleh

Simak Video 'Petugas KPK Ubek-ubek Kantor Pemkab Pemalang':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)