Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar: Wabup Ambil Alih Pemerintahan

Robby Bernardi - detikJateng
Jumat, 12 Agu 2022 13:54 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kompleks kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kompleks kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022). Foto: Robby Bernardi/detikJateng
Pemalang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjuk Wakil Bupati (Wabup) Pemalang Mansur Hidayat menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pemalang. Hal itu menyusul Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terjaring OTT yang dilakukan KPK pada Kamis (11/8) kemarin.

"Saya langsung turun hari ini untuk komunikasi dengan kawan-kawan di Pemkab dan Pak Wakil Bupati, agar segera mengambil alih pemerintahan agar layanan masyarakat tetap berjalan dengan baik," kata Ganjar di kompleks kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022).

Namun Ganjar tidak menyebut berapa lama Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat menjadi Plh Bupati Pemalang.


Sementara itu Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat menjelaskan, dalam rapat tertutup dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, jajarannya diberi arahan agar roda pemerintahan Kabupaten Pemalang tetap berjalan.

"Beliau langsung memberi arahan saya untuk mengambil jalannya pemerintahan. Pelaksana harian, minimal untuk sementara supaya jalan semuanya. Nanti jam 13.30, saya kumpulkan OPD untuk apel di indoor," kata Mansur Hidayat.

Saat ditanya kasus apa yang menjerat Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Mansur mengaku tidak tahu-menahu.

"Soal OTT, nanti nunggu rilis KPK saja. Saya tidak tahu, tidak ada yang menyampaikan resmi. Kita tunggu dulu," ucapnya.

Selain itu, saat ditanya terkait siapa saja pejabat Pemkab Pemalang yang turut kena OTT, Mansur juga menyebut tidak mengetahuinya.

"Nunggu dari KPK ya," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendatangi kompleks kantor Pemkab Pemalang buntut Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terjaring OTT KPK. Ganjar melakukan rapat tertutup dengan Wakil Bupati (Wabup) Pemalang Mansur Hidayat dan jajarannya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...