5 Hal Terlarang untuk Atasan-Bawahan dalam Etika Kelembagaan Polri

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 12:03 WIB
Ilustrasi Tingkatan Pangkat Polisi
Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna
Solo -

Ada 5 hal terlarang untuk anggota Polri yang berkaitan dengan etika kelembagaan. Dari 5 hal terlarang itu, 3 di antaranya berlaku untuk anggota Polri sebagai atasan. Adapun 2 larangan lainnya berlaku untuk anggota Polri sebagai bawahan. Berikut penjelasannya.

Tentang Etika Kelembagaan

Etika kelembagaan adalah satu dari empat norma di Kode Etik Profesi Polri (KEPP) yang ditetapkan dalam Peraturan Polisi (Perpol) No 7 Tahun 2022. Tiga etika lainnya ialah etika kenegaraan, etika kemasyarakatan, dan etika kepribadian.

Dalam Pasal 1 Ayat 10 Perpol No 7 Tahun 2022 disebutkan, etika kelembagaan adalah norma-norma dalam Kode Etik Profesi Polri (KKEP) yang memuat pedoman bersikap dan berperilaku setiap anggota Polri dalam pelaksanaan tugas, wewenang, dan tanggung jawab kewajiban hukum serta penggunaan kewenangan profesi Polri sesuai bidang tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing fungsi kepolisian.


Hal ihwal larangan dalam etika kelembagaan disebutkan dalam Pasal 10 dan 11 Perpol No 7 Tahun 2022. Pasal 10 mengatur larangan yang berlaku bagi seluruh anggota Polri secara global.
Sedangkan Pasal 11 mengatur larangan anggota Polri sebagai atasan dan bawahan.

Dikutip dari Pasal 11 dalam Perpol No 7 Tahun 2022 yang ditetapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 14 Juni 2022, berikut 3 hal terlarang yang berlaku bagi atasan dan 2 larangan yang berlaku bagi bawahan.

3 Hal Terlarang bagi Atasan

Setiap anggota Polri yang berkedudukan sebagai atasan dilarang:

  1. Memberi perintah yang bertentangan dengan norma hukum, norma agama, dan norma kesusilaan
  2. Menggunakan kewenangannya secara tidak bertanggung jawab
  3. Menghalangi dan atau menghambat proses penegakan hukum terhadap bawahannya yang dilaksanakan oleh fungsi penegakan hukum.

2 Hal Terlarang bagi Bawahan

Setiap Pejabat Polri yang berkedudukan sebagai bawahan dilarang:

  1. Melawan atau menentang atasan
  2. Menyampaikan laporan yang tidak benar kepada atasan.



Simak Video "Sederet Etik yang Dilanggar Ferdy Sambo Hingga Berujung Pemecatan"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)